Pemkab Dapat Bantuan Lima Unit Motor Bak Sampah

  • Whatsapp
Pemkab Pesbar melalui Dinas Lingkungan Hidup mendapat bantuan lima unit motor bak sampah roda tiga dari Kementerian LHK untuk tiga pekon dan dua kelurahan di Pesbar. - Foto Dok

Medialampung.co.id Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mendapat bantuan lima unit motor sampah atau motor bak sampah roda tiga, hibah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK) yang di salurkan ke tiga Pekon dan dua Kelurahan di Kabupaten setempat.

Kabid Kebersihan, Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup dan Pertamanan, Ridwan Zikri, S.Km., mendampingi kepala DLH setempat, Husni Aripin, S.Ip., mengatakan bantuan hibah dari Kementerian LHK ke Pemkab Pesbar itu merupakan usulan Pemkab setempat agar ada sarana pendukung penanganan sampah di wilayah padat penduduk.

Bacaan Lainnya



“Sehingga ditahun anggaran 2019 ini Kementerian LHK merealisasikan  lima unit motor bak sampah roda tiga,” katanya, Selasa (19/11).

Dijelaskannya, lima unit motor bak sampah roda tiga itu akan diserahkan ke Kelurahan Pasar Krui, Pasar Kota Krui dan Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah, serta Pekon Gunung Kemala dan Gunung Kemala Timur Kecamatan Way Krui. Lima unit motor bak sampah roda tiga untuk tiga Pekon dan dua Kelurahan itu sesuai usulan sebelumnya.

“Tiga Pekon dan dua Kelurahan yang akan menerima bantuan motor bak sampa roda tiga itu merupakan wilayah padat penduduk. Sehingga, setiap hari banyak sampah yang dibuang terutama sampah dari rumah tangga,” jelasnya.

Dirinya berharap dalam waktu dekat ke-lima unit motor  dapat segera diserahkan dan dioperasikan oleh Kelurahan dan Pekon penerima sesuai dengan fungsinya yakni untuk mendukung pengelolaan sampah secara maksimal. Sehingga dengan adanya sarana pengangkut sampah itu akan memudahkan masyarakat mengangkut sampah.

“Kita berharap agar di pekon dan kelurahan penerima bantuan itu bisa membuat bak sebagai Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, petugas kebersihan DLH setempat dapat langsung melakukan pengangkutan sampah dari TPS Sementara itu ke TPAS di pekon Balai Kencana Kecamatan Krui Selatan. Pihaknya berharap dapat dikoordinasikan dengan DLH setempat.

“Kita berharap dengan adanya bantuan lima unit motor bak sampah roda tiga itu dapat dimanfaatkan maksimal serta berdampak pada kebersihan lingkungan selalu terjaga,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait