Pemkab Garut Pelajari Proklim di Tanggamus

  • Whatsapp
Bupati Tanggamus Dewi Handajani dan wakil Bupati AM Syafii bersama bupati Garut Rudy Gunawan dan jajaran, Jumat (9/10) - Foto Edi Herliansyah/mlo

Medialampung.co.id – Bupati Kabupaten Garut, Rudy Gunawan dan jajaran melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Tanggamus, Jumat (9/10). Mereka langsung diterima bupati Dewi Handajani dan wakil Bupati AM. Syafi’i serta Sekkab Hamid H Lubis. 

Kunjungan kerja Pemkab Garut pada hari itu terkait program Kampung Iklim (Proklim) di Kabupaten Tanggamus. Dimana pada 2019 lalu Tanggamus menerima penghargaan dari menteri kehutanan dan lingkungan hidup Republik Indonesia, Siti Nurbaya untuk kategori Proklim utama.

Bacaan Lainnya



Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam pertemuan dengan bupati Tanggamus Dewi Handajani dan jajaran yang berlangsung di ruang rapat utama sekretariat Pemkab Tanggamus pada hari itu mengatakan, persoalan lingkungan menjadi masalah serius di pulau Jawa. 

Peningkatan suhu yang cukup signifikan dimana kabupaten Garut saat ini mengalami kenaikan suhu dan tentunya ini menjadi persoalan dan kami mencoba dengan satu gerakan menanam satu miliar pohon dan telah mendapatkan penghargaan, kata Rudy. 

Nah untuk Program kampung iklim (Proklim) lanjut Rudy, kami belum pernah mendapatkan penghargaan Proklim utama di tingkat nasional. 

Karena itu lanjutnya, Garut ingin belajar dengan Tanggamus, karena di Tanggamus ada beberapa perencanaan yang dikelola oleh pemerintah daerah dan juga pemerintah desa. 

Yakni, menggerakkan masyarakat membuat kesadaran sendiri, membuat inovasi bagaimana masalah lingkungan menjadi bagian dari kebutuhan hidup sehari hari.

Karena secara demografi Garut dan Tanggamus hampir sama, maka kami datang kesini, tuturnya.

Selain itu bupati Garut juga mencatat sejumlah program yang telah dilaksanakan oleh Kabupaten Tanggamus dan menurutnya perlu dipelajari karena sangat positif. 

Diantaranya, satu desa satu mobil ambulans, alat USG di Puskesmas dan lain lain. 

Sementara Bupati Tanggamus Dewi Handajani merespon positif kunjungan kerja tersebut. Semoga melalui kegiatan kunker ini nantinya akan semakin mempererat hubungan kerjasama antara kabupaten Tanggamus dan Garut. 

Yang pada gilirannya dapat memperkuat ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim yang terjadi di wilayah kita masing -masing, pungkasnya. 

Pada pertemuan hari itu bupati Garut dan jajaran mendapatkan penjelasan melalui pemutaran video seputar sejumlah kegiatan Proklim yang telah dilaksanakan Pemkab Tanggamus dilanjutkan dengan diskusi.(ehl/mlo)



Pos terkait