Pemkab Gelar Bimtek Evaluasi Dokumen Penawaran

  • Whatsapp
Tampak Peserta Serius Mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Dokumen Penawaran Pengadaan Barang-Jasa Yang Digelar di Aula Kagungan, Senin (15/10)

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Dokumen Penawaran Pengadaan Barang dan Jasa tahun 2019 di Aula Kagungan, Selasa (15/10)

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Suratmo,S.I.P.,M.M selaku instruktur barang dan jasa pemerintah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Jakarta tersebut, dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Sudarto, serta dihadiri Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Lambar Ir. Hotmuda Simarmata, M.P, serta 80 peserta yang terdiri dari pejabat pengadaan, pokja pemilihan serta panitia penerima hasil pekerjaan (PPHP) dari OPD yang ada di Lingkungan Pemkab Lambar.

Bacaan Lainnya



“Bimtek ini sangat penting dilakukan agar para pelaku pengadaan barang dan jasa seperti pejabat pembuat komitmen (PKK), pejabat pengadaan dan pokja pemilihan barang dan jasa lebih memahami secara aturan maupun teknis dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa,” ujar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Ir. Sudarto dalam sambutannya.

Menurut dia, pengadaan barang/jasa yang efektif dan efisien oleh pemerintah merupakan salah satu bagian penting dalam perbaikan pengelolaan keuangan negara yang diimplementasikan dengan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik (e-Procurement).

Lebih jauh dia mengatakan, arah kebijakan pengadaan barang/jasa antara lain dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pendapatan dan pengurangan kemiskinan dengan penerapan pola partisipatif kolaboratif dan perluasan pemanfaatan teknologi di dalam peningkatan kualitas pengadaan barang/jasa.  Pemerintah melalui LKPP terus mengembangkan sistem dan metode pengadaan barang/jasa serta regulasi yang lebih menjamin dari aspek hukum dan akuntabilitas.

“Berdasarkan hal tersebut, saya memandang kegiatan ini  sangat penting untuk mensukseskan program pemerintah, mengendalikan pelaksanaan program atau kegiatan pembangunan, serta upaya meminimalkan permasalahan yang akan muncul kemudian hari,” ucapnya.

Sementara itu, Kebag Pengadaan Barang dan Jasa Ir. Hotmuda Simarmata, M.P,. dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksananaan kegiatan bimtek tersbeut yakni Peraturan Presiden RI  No.16/2018 tentang pengadaan barang dan jasa, Peraturan Daerah Kabupaten Lambar No.8/2016 tentang pembentukan  dan susunan perangkat daerah, serta Perda Kabupaten Lambar No.11/2018 tentang anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2019.

Menurut Hotmuda, tujuan dilaksanakannya bimtek  untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para pelaku pengadaan barang/jasa dalam rangka memeriksa dan menilai dokumen penilaian sesuai dengan persyaratan yang terdapat dalam dokumen pemilihan. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan atau pemahaman panitia/pejabat penerima hasil pekerjaan dalam rangka memeriksa kelengkapan dokumen  pengadaan barang/jasa mulai dari perencanaan pengadaan hingga  sampai dengan serah terima  hasil pekerjaan.

“Peserta bimtek ini terdiri dari pejabat pengadaan, pokja pemilihan serta panitia penerima hasil pekerjaan (PPHP),” pungkas Hotmuda. (lus/mlo)



Pos terkait