Pemkab Gelar Pelatihan Tata Kelola Statistik Sektoral

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Lambar  menggelar kegiatan pelatihan pembinaan tata kelola statistik sektoral di Ruang Rapat Pakuwon Bappeda Lambar, Rabu (24/7/2019).

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Lampung Ganjar Jationo itu, dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Pemkab Lambar, Edi Yusup, S.Sos, M.H dan dihadiri Kepala Diskominfo Maidar, S.H, M.Si dan para peserta.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya, Edi Yusuf mengatakan, statistik sektoral pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan sesuai dengan tupoksi bagi setiap organisasi pemerintah daerah (OPD). “Saya menyambut baik kegiatan pelatihan yang dilaksanakan ini sebagai upaya agar para peserta paham dan mengerti apa itu statistic sektoral, mengetahui siapa penyelenggara statistik sektoral, memahami tata cara penyelenggaraan dan memahami pentingnya statistik sektoral dalam pembangunan,” ujar Edi

Menurut dia, satu data ini sangat penting karena data akan menjadi dasar dan bahan pertimbangan pemerintah dalam mengambil suatu keputusan/kebijakan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 17/2017 tentang Satu Data Indonesia. Ada tiga indikator untuk mengarahkan Indonesia dalam satu data atau menjadikan Lampung Barat satu data, indikator tersebut adalah satu standar  data yaitu satu sumber informasi data, satu metada yaitu informasi terstruktur mengenai data serta satu portal data sehingga data data-data yang dikumpulkan oleh seluruh OPD nantinya akan dikumpulkan dan dikompilasi oleh satu OPD.

“Oleh karena itu, kepada seluruh peserta pelatihan pembinaan tata kelola statistik sektoral, saya berharap agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga nantinya dapat mengimplementasikan hasil pelatihan ini di lingkungan masing-masing,” harapnya

Dilain pihak, Kepala Diskominfo Maidar mengungkapkan, tujuan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan atas statistik di Lambar dengan peserta sebanyak 40 orang utusan OPD Lambar. “Pelatihan ini juga dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) yang unggul dalam menunjang program Lampung Barat Hebat,” ungkap Maidar. (lus/mlo)



Pos terkait