Pemkab Lambar akan Biayai Mahasiswa Seni di Unila

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setelah  menggulirkan program seragam gratis bagi siswa SD, MI, SMP dan MTs  yang ada di Kabupaten Lampung Barat,  kemudian beasiswa bagi mahasiswa kedokteran yang diterima di Perguruan  Tinggi Negeri (PTN), maka mulai tahun anggaran 2020 mendatang Pemkab Lambar kembali menggulirkan satu program lagi di bidang pendidikan, yakni pemberian beasiswa bagi putri-putri Lambar yang diterima di Jurusan Seni Universitas Lampung (Unila).

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lambar Riyadi Andriyanto, ST., mengatakan, untuk tahun anggaran 2020 rencananya kuota yang disiapkan yakni untuk sepuluh orang.

Bacaan Lainnya



”Untuk beasiswanya yang diberikan itu berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk sepuluh orang yang diterima di UNILA jurusan Seni, tidak dengan biaya hidupnya atau berbeda dengan skema yang ada pada beasiswa untuk mahasiswa kedokteran,” kata dia.

Dijelaskan Riyadi, program beasiswa tersebut yakni bagian dari peningkatan manajemen pelayanan pendidikan, dan pengembangan SDM pendidikan dan kebudayaan, yang tidak lain adalah program bupati dan wakil bupati dalam rangka membantu masyarakatnya mewujudkan impian untuk bisa berkuliah.

”Selain itu, program ini juga merupakan upaya pemerintah  agar  seni budaya  yang ada di daerah  terus berkembang, dan tentunya bisa terus dilestarikan. Terlebih Lambar merupakan daerah asal muasal suku Lampung kaya akan seni budaya,“ imbuhnya.

Disalah satu momen belum lama ini, Bupati Lambar Parosil Mabsus mengungkapkan bahwa ia mempunyai mimpi dan sebuah rencana untuk membiayai siswa dan siswi Lambar yang berhasil masuk Unila jurusan seni sampai dengan selesai, sehingga tujuan pendidikan untuk semua lapisan masyarakat seperti yang kita cita-citakan bisa terwujud.

Dijelaskan, jika keinginannya itu tidak lain selain sebagai bentuk dan kecintaannya terhadap seni dan demi terjaganya seni budaya yang ada di Lambar juga pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan bagi seluruh warga masyarakat.

“Saya ingin melestarikan seni agar tidak tergerus oleh kemajuan dan perkembangan jaman yang begitu pesat belakangan ini. Kalau program yang lain seperti bidang kesehatan, pendidikan dan pembangunan sudah sering disampaikan dan sudah bapak ibu rasakan,”  imbuhnya.(nop/mlo)



Pos terkait