Pemkab Lambar Cari Investor untuk Pengembangan KRL

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar dalam hal ini Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) mencari investor yang berminat untuk pengembangan Kebun Raya Liwa (KRL).

“Kita sedang mencari investor yang berminat menanamkan modalnya untuk pengembangan Kebun Raya Liwa dan bagi investor yang berminat silahkan menghubungi kami.  Untuk pengembangan kebun raya ini tidak semua harus mengandalkan pemerintah tapi juga pihak ketiga, seperti halnya investor,” ungkap Kepala Balitbang Ir. Noviardi Kuswan.

Bacaan Lainnya



Kata dia, sejauh ini sudah ada beberapa investor yang melirik namun baru sebatas melakukan pengecekan lokasi dan melihat potensi yang ada.

“Investasi modal yang dimaksud, misalnya pengadaan mainan anak-anak seperti mobil-mobilan atau mainan anak lainnya,  kemudian bisa juga usaha rumah makan atau cafe namun ditempatkan di lokasi yang kita tentukan,” ujar dia.

Untuk sistem kerjasamanya, lanjut Noviardi, nanti akan disesuaikan dengan aturan yang ada.

“Untuk sistem kerjasamanya dengan pemerintah daerah nanti akan dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama. Jadi nanti ada kesepakatan-kesepakatan yang dibuat antara pemerintah daerah dengan pihak investor,” imbuhnya seraya menambahkan, dengan adanya investor yang akan menanamkan modalnya di KRL maka KRL akan berkembang dan semakin ramai pengunjungnya.

Sekadar diketahui, pembangunan Kebun Raya Liwa (KRL) di Pekon Kubuperahu Kecamatan Balikbukit bertujuan untuk melakukan konservasi secara ex-situ berbagai jenis tumbuh-tumbuhan Sumatera terutama tumbuhan yang berasal dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan melakukan pengembangan tanaman hias serta meningkatkan perekonomian masyarakat. Fungsi utama kebun raya adalah konservasi, penelitian, pendidikan, dan rekreasi. (lus/mlo)



Pos terkait