Pemkab Lambar Gelar Rakor TKPKD

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Wakil Bupati Drs. H. Mad Hasnurin membuka rapat koordinasi tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPKD) yang dilaksanakan di Aula Pakuwon Bappeda, Kamis (26/12).

“Melalui rapat koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan fokus program-program yang ditujukan kepada masyarakat miskin agar lebih efektif dan efisien,” ujar Wakil Bupati Mad Hasnurin dalam sambutannya

Bacaan Lainnya



Menurutnya, dengan demikian kelompok masyarakat yang seluruhnya tidak terjangkau dan mampu mengakses kegiatan produktif yang bersifat formal, dan kelompok masyarakat yang masih berada di bawah kemiskinan dapat lebih terperhatikan dan terbantu, sehingga kegiatan pembangunan dapat juga mereka rasakan manfaatnya. Agar upaya pengentasan kemiskinan berjalan secara sinergis dan berkelanjutan harus dilakukan melalui dua sisi secara terpadu yaitu dari sisi penghidupan masyarakat miskin maupun sisi produksinya.

Lanjut dia, dari sisi penghidupan, terutama bagi masyarakat yang miskin kronis atau sulit keluar dari kemiskinan, diperlukan upaya upaya yang secara langsung membantu mereka untuk hidup layak, baik dari sisi pendapatan maupun akses terhadap berbagai pelayanan dasar, kemudian dari sisi produksi, diupayakan agar kelompok pendapatan rendah dapat berpartisipasi dalam kegiatan produktif.

Mad Hasnurin mengungkapkan, penyediaan program dan layanan pembangunan diupayakan adanya sinergi antara perencanaan dan penganggaran agar berpihak pada masyarakat miskin, atau penanggulangan kemiskinan. Oleh sebab itu program penanggulangan kemiskinan sangat penting untuk benar-benar diterima dan dinikmati oleh masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan. ketepatan targeting di masing-masing program atau keselarasan targeting antar berbagai program sangat penting untuk diarahkan kepada sasaran yang miskin dan wilayah miskin.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si mengungkapkan, adapun strategi dan kebijakan dalam pennaggulangan kemiskinan yaitu mengurangi beban pengeluaraan masyarakat miskin, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha ekonomi mikro dan kecil, serta mensinergikan kebijakan program pennaggulangan kemiskinan.

Kata dia, Kabupaten Lambar tahun 2020 memiliki  program atau kegiatan yaitu Sekura Baja (Sistem Penanggulangan Kemiskinan Untuk Rakyat Hebat Sejahtera).  Sekura Baja  merupakan sistem Informasi terkait data kemiskinan yang dihimpun sebagai basis data yang menyajikan informasi jumlah penduduk miskin baik secara kuantitas, sebarannya dan penanganan yang telah diterima beserta informasi seluruh program yang mendukung upaya penanggulangan kemiskinan di Lampung Barat sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang dilandasi oleh semangat yang keras dan tekad yang kuat dalam menanggulangi kemiskinan di Lampung Barat dengan memanfaatkan kearifan lokal dan melibatkan seluruh stakeholder sehingga dapat mewujudkan cita-cita masyarakat Lampung Barat yang Hebat dan Sejahtera. (lus/mlo)



Pos terkait