Pemkab Lambar Gelontorkan Rp31,553 Miliar untuk Suoh dan BNS

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Kabar gembira bagi masyarakat di Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS) Kabupaten Lambar. Pasalnya, tahun ini pemkab setempat akan menggelontorkan dana puluhan miliar untuk dua kecamatan tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si mengungkapkan,  untuk Kecamatan Bandarnegeri Suoh dan Kecamatan Suoh, Pemkab Lambar akan mengalokasikan dana sekitar Rp31,553 miliar lebih, rinciannya Kecamatan Suoh Rp13,299 miliar lebih dan Kecamatan BNS Rp18,254 miliar lebih.

Bacaan Lainnya



“Tahun lalu dua kecamatan itu dialokasikan dana untuk kegiatan fisik sebesar Rp18,358 miliar lebih namun tahun ini meningkat menjadi Rp31,553 miliar lebih,” kata Okmal.

Menurutnya, dana Rp31,553 miliar lebih yang bersumber dari APBD dan dana alokasi khusus (DAK) itu khusus untuk kegiatan fisik saja, belum ditambah kegiatan non fisik.

“Dengan digelontorkannya dana puluhan miliar tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, serta mendukung terwujudnya Kabupaten Lambar hebat,” imbuhnya

Dijelaskannya, sejumlah kegiatan fisik yang akan dilaksanakan di Kecamatan BNS, antara lain untuk pembangunan jalan Sukajadi-Ringinjaya, peningkatan jalan Srimulyo-Bandaragung, pembangunan jaringan rawa di Rawa Kalong (lanjutan), pengendalian banjir Waysemangka, peningkatan jalan Lingkungan Pekon Hantatai, Rehabilitasi Masjid Sukajadi.

Kemudian, peningkatan kualitas rumah swadaya di Pekon Suoh, pengadaan mebeuler SMP Satap 1 BNS, Set Laboratorium Puskesmas Bandarnegeri Suoh, pengadaan alat permainan edukatif (APE) TK Negeri Bandarnegeri Suoh, rehabilitasi ruang kelas beserta perabotnya SDN Bandaragung, pengadaan peralatan pendidikan Matematika SD Bumijaya .

“Di BNS juga akan dialokasikan bantuan mobil Pick Up tiga unit, yaitu untuk Pekon Suoh, Pekon Sri Mulyo dan Pekon Hantatai,” ungkap dia.

Lebih jauh Okmal mengungkapkan, untuk Kecamatan Suoh, kegiatan fisiknya tahun ini diantaranya akan peningkatan jalan akses SMKN Suoh, peningkatan jalan Wayheni-Sukamarga (segmen Gunungratu), peningkatan jalan Lingkungan Sumberagung, pembangunan BPP Pekon Bandingagung.

“Kalau di bidang kesehatan akan ada Set Rawat Inap Puskesmas Srimulyo, Set Persalinan Puskemas Srimulyo, Posbindu Kit Puskemas Srimulyo,” imbuhnya.

Kemudian di bidang pendidikan, lanjut dia, akan ada pembangunan pagar sekolah TKN 1 Suoh, pengadaan meneuler SDN 1 Banding Agung, rehabilitasi toilet (jamban) guru beserta sanitasi TK Negeri Suoh, pengadaan alat permainan edukatif (APE) TK Negeri Suoh, pengadaan buku koleksi PAUD TK Negeri Suoh, pembangunan ruang perpustakaan beserta perabotnya SDN 3 Banding Agung, serta pengadaan peralatan pendidikan Bahasa Indonesia SDN Waysuluh.

“Dengan adanya perhatian pemerintah di bidang pendidikan tersebut, diharapkan mutu pendidikan di Kecamatan Suoh dan BNS meningkat,” tutupnya. (lus/mlo)



Pos terkait