Pemkab Lambar Launching Gedung TIC

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar resmi melunching gedung Tourism Information Centre (TIC) di Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit Selasa (10/12).

Dalam kesempatan itu tampak hadir Asisten III Bidang Administrasi Pembangunan Ir. Noviardi Kuswan, Wakapolres Lambar Kompol Vicky Zulkarnain, Kasi Intel Kejari Liwa Reza Kurniawan, SH., Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Rahmat Hariyadi, Kapolsek Balikbukit AKP Samsul Bahri, kemudian sejumlah komunitas penggiat wisata seperti Genpi, HPI, Pokdarwis, dan LiwArt.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya Noviardi mewakil Bupati Lambar Parosil Mabsus mengatakan, kepariwisataan diharapkan dapat memegang peranan penting untuk meningkatkan pendapatan negara dan juga menumbuhkan sektor usaha yang berhubungan dengan pariwisata. Peranannya yang cukup besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Lambar mempunyai potensi yang besar untuk menjadi kawasan tujuan wisata. Karena memiliki obyek-obyek yang menarik untuk mendukung peningkatan pariwisata dibutuhkan pelayanan informasi, sarana dan prasarana ini diperlukan untuk menarik wisatawan,” ungkapnya.

Terusnya, kemajuan dan kesejahteraan ekonomi yang semakin tinggi telah menjadikan pariwisata sebagai bagian pokok dari kebutuhan atau gaya hidup manusia, bahkan telah menggerakkan jutaan manusia untuk mengenal alam dan budaya dibelahan dunia lainnya.

“Salah satu aspek yang diperhatikan dalam menunjang meningkatkan kepariwisataan Lampung Barat ialah pembangunan Toourism Information Centre (TIC) yang berperan mengantisipasi kebutuhan wisatawan baik yang datang langsung atau yang menghubungi lewat telepon sebagai pusat informasi bagi wisatawan yang membutuhkan informasi mengenai obyek-obyek wisata Lambar,” ujarnya.

Lebih lanjut Noviardi mengungkapkan, TIC merupakan sebuah pusat pelayanan informasi untuk memudahkan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata. TiC juga berperan dalam mempromosikan dan menjual semua potensi-potensi wisata yang ada di Lambar.

“Sarana dan prasarana merupakan salah satu dari faktor pentingnya dalam pengembangan pariwisata, kelengkapan sarana dan prasarana tersebut akan ikut menentukan keberhasilan suatu tempat menjadi daerah tujuan wisata, seperti halnya TIC menggunakan media komputer, media sosial dan teknologi komunikasi,” kata dia.

Menurut dia, adanya sistem informasi pariwisata terpadu dengan mengembangkan teknologi informasi secara integral yang diharapkan akan mampu meningkatkan daya saing bidang kepariwisataan terutama pada promosi dan pemasaran pariwisata yang nantinya dapat meningkatkan peran serta masyarakat. (nop/mlo)



Pos terkait