Pemkab Lambar Miliki Tiga Komitmen

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar memiliki tiga komitmen yaitu kabupaten literasi, kabupaten tangguh bencana serta kabupaten konservasi. Hal itu diungkapkan Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus di hadapan sejumlah Anggota DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) I, kepala OPD, camat, peratin, kepala sekolah serta peserta musrenbang Kecamatan Balikbukit yang dipusatkan di objek wisata TNBBS Pekon Kubuperahu, Kamis (13/2).

“Dalam rangka mendukung kabupaten konservasi, pemerintah daerah sejak tahun 2019 lalu sudah ada pengadaan bibit pohon buah-buahan dan setelah kegiatan musrenbang ini juga para peserta akan dibagikan bibit pohon untuk ditanam,” kata Parosil.

Bacaan Lainnya


Kemudian untuk kegiatan literasi, lanjut dia, di Kabupaten Lambar telah berjalan dan diharapkan semakin baik, begitu juga dengan kegiatan untuk mendukung kabupaten tangguh bencana sudah mulai dilaksanakan.

“Golnya adalah kabupaten tangguh bencana, kenapa karena Kabupaten Lambar terletak pada patahan Semangko jadi setiap saat akan rentan terjadi bencana,” imbuhnya.

Dikatakannya, secara geografis Kabupaten Lambar  terletak pada patahan Semangko yang menyebabkan  Lambar mempunyai wilayah yang amat rentan terhadap berbagai bentuk bencana alam, baik berupa gempa bumi, tanah longsor, bahkan banjir.

Bencana alam ini merupakan ancaman terhadap kemiskinan dan terjadinya kerawanan pangan di Kabupaten Lambar, sehingga membutuhkan keseriusan kita dalam mengelola penanggulangan bencana alam, bantuan dan perlindungan sosial.

“Saya tidak mengingkan ada warga saya yang menjadi korban, maka perlu kesiagsiagaan dari kita, mulai dari anka anak sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat harus kita tanamkan bagaimana cara melakukan evakuasi bencana seandainya terjadi bencana  dan jika terhadi hal-hal yang tidak diinginkan agar kita selalu siap siaga,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait