Pemkab Lambar Minta Insentif Hulu-Hilir Terhadap Komitmen Menjaga Hutan 

  • Whatsapp
Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Lambar Sukimin, SIP.

medialampung.co.id – Bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021, Pemkab Lampung Barat mengharapkan adanya insentif hulu hilir, dari kabupaten penerima manfaat terjaganya kawasan hutan di kabupaten setempat, seperti Kabupaten Waykanan, Tanggamus maupun Pesisir Barat. 

Keberadaan Lambar yang cukup penting terhadap daerah tetangga, sebab ketika masyarakat Lambar tidak bisa menjaga kelestarian hutan, maka sejumlah kabupaten tetangga akan merasakan dampaknya, berupa banjir dan longsor.

Bacaan Lainnya


Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Lambar Sukimin, SIP., mengungkapkan, sejauh ini Pemkab Lambar terus berupaya dalam rangka menjaga kawasan hutan, bahkan sebagai bentuk komitmen pemkab setempat kini telah dikukuhkan sebagai kabupaten konservasi. Namun kompensasi yang diterima masyarakat terhadap apa yang telah dilakukan dalam pelestarian hutan tidak sebanding. Hutan lestari, tetapi masyarakat belum juga sejahtera.

”Dengan komitmen tersebut, maka pimpinan mengharapkan adanya insentif hulu hilir dari daerah penerima manfaat, harapannya mereka bisa membantu program yang kita galakkan dalam hal ini sebagai kabupaten konservasi, karena sejauh ini kita terus berupaya namun tidak pernah menerima bantuan dari daerah penerima manfaat, dan itu disampaikan kepada provinsi termasuk mekanismenya seperti apa itu tergantung provinsi,” ungkap Sukimin, mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lambar Ir. Ansari.

Menurutnya, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah daerah di bidang konservasi, salah satunya pada momen hari lingkungan hidup sedunia ini, Pemkab Lambar akan melakukan penanaman pohon serentak di 131 pekon, lima kelurahan di 15 kecamatan yang ada di kabupaten setempat. 

”Dalam waktu dekat ini akan dilakukan penanaman pohon serentak di seluruh pekon, kelurahan, terkait dengan rencana tersebut Pemkab Lambar menerima bantuan dari BPDAS Way Seputih Way Sekampung sebanyak 10.000 bibit yang terdiri dari bibit durian, jengkol, cengkeh, sirsak, ketapang kencana dan balsa,” kata dia. (nop/mlo)




Pos terkait