Pemkab Lambar Salurkan ADP Rp16,153 Miliar untuk 100 Pekon 

  • Whatsapp
Kepala BPKD Lambar  Ir. Okmal, M.Si

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar hingga Minggu (19/9) telah menyalurkan alokasi dana pekon (ADP) tahap II sebesar Rp16,153 miliar lebih kepada 100 pekon.

“Baru 100 pekon yang telah mencairkan alokasi dana pekon tahap II sedangkan 31 pekon lagi belum,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si.

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, Pemkab Lambar tahun ini menganggarkan ADP sebesar Rp53,370 miliar dan dana tersebut dialokasikan untuk 131 pekon yang tersebar di 15 kecamatan. 

Kegunaan ADP yaitu untuk pembayaran penghasilan tetap (Siltap) peratin dan perangkat pekon, tunjangan Lembaga Himpunan Pekon (LHP), operasional LHP dan operasional pemerintah pekon. 

“Pencairan ADP dilaksanakan tiga tahap, yaitu tahap I 40 persen, tahap II 40 persen dan tahap III 20 persen,” kata dia.

Lanjut dia, sebanyak 100 pekon yang telah mencairkan ADP tahap II, antara lain yaitu Pekon Bedudu, Pekon Pekon Balak, Pekon Roworejo, Pekon Tugumulya, Pekon Padangtambak, Pekon Puralaksana, Pekon Serungkuk, Pekon Tanjungraya, Pekon Gunungsugih, Pekon Lombokselatan, Pekon Bumihantatai, Pekon Muarabaru dan Pekon Pajaragung. Lalu, Pekon Sidodadi, Pekon Sukaraja, Pekon Bahway, Pekon Sinarluas, Pekon Kenali, Pekon Campangraya, Pekon Purajaya, Pekon Sukamulya, Pekon Pagardewa, Pekon Luas dan Pekon Sukabumi serta Pekon Watas. 

Prosedur pencairan, lanjut Okmal, Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Pekon (DPMP) mengajukan rekomendasi ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dan jika berkasnya lengkap maka akan dilakukan pencairan. 

“Semakin cepat pekon mengajukan usulan maka semakin cepat pula dananya cair,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait