Pemkab Lambar Targetkan SAKIP Raih Predikat BB  

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar melaksanakan rapat koordinasi terkait penjelasan teknis penyusunan paparan Reformasi Birokrasi (RB) dan  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu (19/8).

Dasar dilaksanakannya Rakor tersebut sesuai dengan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No.B/64/AA.04/2020, No.B/120/RB.04/2020 hal pelaksanaan evaluasi reformasi birokrasi dan pelaksanaan evaluasi akuntabilitas kinerja tahun 2020.

Bacaan Lainnya



Selain Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si, rakor ini juga diikuti sejumlah pejabat pada organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Lambar.

“Target pemerintah daerah untuk SAKIP meraih predikat BB,  jadi seluruh kepala perangkat daerah tanpa berwakil dapat menyampaikan paparan pada pelaksanaan evaluasi RB dan SAKIP yang akan dilaksanakan pada Rabu (26/8) mendatang, dan nantinya akan dipilih secara acak oleh evaluator Kemenpan RB,” ungkap Kepala Bappeda Ir. Okmal, M.Si.

Menurutnya, Rakor ini untuk mengecek kesiapan di masing-masing OPD sebelum dilakukan evaluasi Reformasi Birokrasi dan  SAKIP yang baru akan dilaksanakan pada pekan depan.

Dalam Rakor tersebut, Okmal menjelaskan, outline paparan berisi tentang tindaklanjut hasil rekomendasi APIP tahun 2019, progress perbaikan atas rekomendasi yang disampaikan APIP (sebelum dan sesudah), Cascading dan Cross Cutting. 

Cascading merupakan penjabaran kinerja dari level atas sampai dengan level bawah sedangkan Cross Cutting merupakan upaya memfokuskan sasaran, program dan kegiatan serta strategi akibat Covid-19, perubahan strategi atas pelaksanaan program/kegiatan akibat pandemi Covid-19, antara lain peninjauan kembali target sasaran, program dan kegiatan 

“Kita minta kepada perangkat daerah untuk paparan harus disesuaikan dengan tema masing-masing perangkat daerah, paparan yang akan ditampilkan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan namun tidak keluar dari outline yang ada, serta tampilan paparan dibuat semenarik mungkin,” pungkas Okmal. (lus/mlo)



Pos terkait