Pemkab Lampura Dorong Ekonomi Kreatif Bertahan di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Imam Hanafi

Medialampung.co.id – Masyarakat di wilayah Kabupaten Lampung Utara, (Lampura) diharapkan dapat terus meningkatkan kreativitas, khususnya dalam upaya menumbuhkan ekonomi di tengah pandemi. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Imam Hanafi menanggapi lesunya perekonomian masyarakat di tengah new normal saat ini, Kamis, (21/1). 

Bacaan Lainnya


Apalagi di sana daerah berpredikat zona merah (resiko tinggi) penyebaran Covid-19, sehingga memaksa selaku usaha dapat lebih kreatif memasarkan produk-produknya.

“Kami terus berupaya mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif yang digagas oleh masyarakat, seperti hari ini kita sengaja mengantarkan warga ingin mengurus surat izin kesehatan untuk membuka usaha bakso di bilangan Jalan Sudirman Kotabumi,” kata dia.

Meski di tengah pandemi, menurut Imam, masih ada peluang-peluang usaha yang dapat ditangkap. Dengan kejelian dan inovasi terukur, sehingga dapat bertahan bahkan meningkat pesat perkembangannya. 

“Jadi itu, harus banyak-banyak inovasi. Apalagi kalau mau membuka usaha, macam kuliner. Selain terkendala orang juga malas mau keluar karena masuk zona merah,ia juga kelesuan ekonomi sehingga dibutuhkan kerja ekstra dan inovasi tiada henti,” terangnya.

Selain tingkat kebersihan, dan terus menggalakkan disiplin protokol kesehatan. Tempat usaha kuliner harus lebih tepat menerapkan model usahanya, seperti tidak mematok harga tinggi, menjaga kebersihan dan higienitas produk ditawarkan juga dalam hal iklannya. 

“Saat inikan banyak wahana dading dapat digunakan, macam medsos misalnya. Selain itu, ditambah dengan jasa antar, mungkin gratis biar orang tertarik,” tambahnya.

Dalam mendukung kegiatan ekonomi, Dinas Perdagangan pun mencoba memberikan solusi. Agar tetap kreatif di tengah pandemi, seperti masalah disiplin protokol kesehatan di wilayah pasar, akan digiatkan dukungannya.

“Seperti masalah sarana-prasarana cuci tangan misalnya, akan kita pantau dan awasi penggunaannya di lapangan. Selain lebih menertibkan masyarakat tetap disiplin prokes saat berada di pasar, tentunya dengan menggandeng satgas Covid-19. Kedepan akan diagendakan sidak ke pasar-pasar, khususnya berada di wilayah Lampura, ataupun di tempat-tempat usaha kuliner,” tambah Kepala Dinas Perdagangan Lampura, Hendri.(adk/ozy/mlo)


Pos terkait