Pemkab Lamtim Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Desa Margasari

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bantuan bagi warga Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai yang tertimpa bencana puting beliung mulai mengalir.

Antara lain dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur berupa atap asbes, sembako dan makanan siap saji.

Bacaan Lainnya

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lamtim Ketut Budiase melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik menjelaskan, bantuan bagi korban bencana tersebut antara lain dari BPBD Lamtim berupa 6 Kodi (1 kodi 20 Keping) asbes. 

Kemudian, dari Dinas Sosial berupa makanan siap saji, seperti sarden dan mie instan. Kemudian dari Bupati Lamtim berupa beras dan telur. Bantuan tersebut telah diserahkan oleh Camat Labuhan Maringgai kepada warga yang tertimpa bencana.

“Melalui bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang tertimpa bencana,” harap Mujianto.

Terpisah Camat Labuhan Maringgai Indrawati menjelaskan, berdasarkan pendataan di lokasi kejadian, bencana puting beliung itu mengakibatkan 8 rumah di Dusun VII mengalami kerusakan. Rinciannya 1 rusak berat dan 7 rusak ringan. Kemudian, 8 rumah di Dusun XII juga mengalami kerusakan. Rinciannya, 2 rusak berat dan 6 rusak ringan. Sehingga, total rumah yang rusak sebanyak 16 unit.

Selain itu, bencana itu juga mengakibatkan kerusakan pada SDN 4 Desa Margasari di Dusun VII mengalami kerusakan ringan. Kemudian, kerusakan juga terjadi pada atap Mushola di Dusun XII.

Diketahui sebelumnya, bencana puting beliung menyerang Kabupaten Lampung Timur, Selasa (7/9).

Kali ini, bencana yang diawali hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan 13 rumah dan 1 gedung Sekolah Dasar (SD) di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai mengalami kerusakan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lamtim Ketut Budiase melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik menjelaskan, bencana angin puting beliung itu menyerang Dusun VII dan XII Desa Margasari pukul 04.00 WIB.

“Tidak ada korban jiwa atas kejadian itu, namun belasan rumah dan 1 gedung SDN mengalami kerusakan pada bagian atap,” jelas Mujianto.

Dilanjutkan, saat ini petugas BPBD bersama Forkopimcam dan pamong desa sedang melakukan pendataan kerusakan akibat bencana tersebut. “Dari pendataan itu, BPBD berencana menyalurkan bantuan asbes,” jelas Mujianto.

Terpisah Camat Labuhan Maringgai Indrawati melalui Sekretaris Kecamatan Agustinus Tri Handoko menjelaskan, berdasarkan data sementara, bencana itu mengakibatkan 7 rumah  dan 1 SD di Dusun VII mengalami kerusakan. Rinciannya, 5 rumah rusak ringan, 2 rusak berat dan SD mengalami kerusakan ringan.

Kemudian, di Dusun XII, 1 rumah rusak berat dan 5 rusak ringan. “Saat ini, Camat bersama Forkopimcam dan BPBD masih meninjau lokasi kejadian,”  jelas Agustinus. (wid/mlo)


Pos terkait