Pemkab Pesawaran Berikan Bantuan Peralatan untuk UMKM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk meningkatkan kualitas produk UMKM, Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan berikan bantuan peralatan kepada 11 kelompok UMKM di 11 Kecamatan di kabupaten setempat

“Rencananya 11 UMKM yang akan diberikan bantuan senilai sepuluh juta rupiah untuk masing-masing kelompok berupa peralatan,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pesawaran, Rohana Sri Hartati, Senin (11/1).

Bacaan Lainnya

Dikatakan, bantuan peralatan yang diberikan sesuai dengan usulan dan kebutuhan masing masing kelompok. Dimana, selain memberikan bantuan peralatan, sebagai stimulus, pihaknya menggandeng Bank Lampung untuk memberikan fasilitas untuk bantuan permodalan melalui dana Kredit Usaha Rakyat (KUR)

“Kemudian kita akan sosialisasikan untuk masuk  market place serta menggandeng perusahaan daerah,” ucapnya.

Menurut Rohana, pihaknya tengah memverifikasi dan validasi kelompok kelompok yang telah mengajukan proposal bantuan. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui kelayakan kelompok UMKM, sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran.

“Kita mendorong UMKM yang sudah siap, dalam arti produksinya sudah rutin. Jangan sampai bantuan sifatnya hanya sesaat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kelompok UMKM juga akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas SDM kelompok UMKM tersebut. Termasuk memberikan pelatihan manajemen keuangan.

“Kita mensupport dan fasilitasi jika pelaku UMKM yang akan mengajukan pinjaman modal di perbankan yang ada dengan bunga yang sangat rendah,” pungkasnya. (ozi/mlo)

Pos terkait