Pemkab Pesawaran Bersama Baznas Salurkan Bantuan Pangan Siap Saji

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat akan menyalurkan Program Bantuan Pangan Siap Saji (Bapak Siji) sekitar awal Maret mendatang. 

Kepala Dinas Sosial Pesawaran A. Razak mengatakan, Bantuan Pangan Siap Saji (Bapak Siji) akan menyasar kaum dhuafa, fakir miskin, jompo atau keluarga yang tidak mampu. Dan makanan siap saji tersebut dikelola oleh pelaku UMKM dan Kelompok Tani Wanita (KWT) masing masing desa.

Bacaan Lainnya


“Alhamdulillah tahun ini pemerintah daerah bersama BAZNAS yang diinisiasi bapak Bupati Pesawaran dapat menyalurkan Bapak Siji. Insya Allah mulai Minggu pertama Maret sudah mulai direalisasikan,” ungkap Razak, Kamis (17/2).

Dikatakan, Bapak Siji akan disalurkan dalam satu Minggu satu desa di 11 kecamatan. Dimana, dalam satu desa terdapat 100 jiwa yang akan diberikan Bapak Siji. Dengan kata lain ada 1100 jiwa yang akan mendapat Bapak Siji dalam setiap minggunya.

“Minggu pertama 1100, Minggu kedua 1100 dan seterusnya. Sehingga dalam satu bulan, Bapak Siji menyasar 4400 jiwa,” jelasnya.

Saat ini lanjut mantan Kabag Kesosmas Pesawaran ini, pihaknya bersama Baznas masih mengumpulkan data data calon penerima bantuan tersebut. Dan untuk menu Bapak Siji yang diberikan yakni 4 sehat 5 sempurna.

Dimana, dalam pelaksanaannya, mulai dari memasak hingga mendistribusikan Bapak Siji memberdayakan UMKM dan KWT.

“Kita upayakan data yang mendapat bantuan yakni warga tidak mampu yang belum mendapat bansos. Kalaupun masih ada, tetapi yang benar benar layak dan tidak keluar dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” pungkasnya.(ozi/mlo)


Pos terkait