Pemkab Pesawaran Usulkan Pembangunan Pasar di Roworejo

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran mengusulkan pembangunan pasar rakyat di Desa Roworejo Kecamatan Negerikaton ke Pemerintah Pusat pada Tahun Anggaran 2021.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pesawaran Sam Herman mengatakan, terdapat 300 pedagang di Pasar Roworejo yang belum mendapatkan tempat layak untuk berdagang.

Bacaan Lainnya


“Ada sekitar 300 pedagang di bagian belakang yang perlu dibangun. Untuk bagian depan pasar Roworejo sudah dibangun oleh Kementerian melalui Tugas Pembantuan. Dan untuk bangunan pasar di bagian belakang akan diusulkan pada 2021,” ungkap Sam Herman, Selasa (1/12)

Dikatakan, terdapat 29 pasar rakyat di Kabupaten Pesawaran. Dimana, dari 29 pasar rakyat tersebut, 3 diantaranya status kepemilikannya merupakan milik pribadi. Artinya, terdapat 26 pasar rakyat sejauh ini baik yang dikelola pemerintah desa maupun pemerintah daerah sudah tersentuh bantuan dari pemerintah, baik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Tugas Pembantuan, Dana Insentif Daerah maupun APBD

“Dari 26 pasar rakyat,  sebanyak 21 pasar rakyat pengelolaannya dilakukan oleh desa, dan 5 pasar rakyat dikelola oleh pemda,” ucapnya

Menurut mantan Staf Ahli Bupati Pesawaran Bidang Ekonomi ini, dari 5 pasar rakyat yang pengelolaannya dilakukan pemerintah daerah sudah menerapkan penagihan retribusi berbasis IT. 

“Kedepan, untuk pasar rakyat yang dikelola desa akan dijajaki apakah pengelolaan retribusi dapat menerapkan sistem berbasis IT,” pungkasnya. (ozi/mlo)




Pos terkait