Pemkab Pesbar-Dinas PDT Gelar FGD Bahas Smart Village

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar Forum Group Discussion (FGD)bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung membahas Program Desa Berjaya dan Pemetaan Potensi Lokus Smart Village, di ruang rapat batu Gughi, Setdakab Pesbar, Kamis (12/11).

Hadir dalam kesempatan itu, Pjs Bupati Pesbar Ir. Achmad Chrisna Putra NR, M.E.P., Kadis PMDT Lampung Dr. Zaidrina, S.E, M. Si., sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesbar.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Kadis PMDT Lampung, Zaidrina mengatakan program smart village merupakan kegiatan yang mendorong desa-desa menjadi cerdas, memahami potensi desa, memetakan apa yang menjadi nilai positif dari Desa secara maksimal.

“Smart village di tahun 2020 ini belum bisa mendapatkan anggaran yang maksimal. tapi jangan khawatir, dengan waktu yang ada kita akan maksimalkan anggaran yang kita miliki,” kata dia

Dijelaskannya, program smart village bukan hanya menjadi satu kewajiban atau tanggungjawab suatu organisasi perangkat daerah (OPD). Tahun ini kegiatan itu masih dilaksanakan melalui Bappeda Provinsi Lampung, tapi tahun 2021 mendatang akan bergeser ke PMDT dan akan menjadi tanggungjawab seluruh OPD terkait.

“Nantinya desa dan seluruh penggerak desa mulai dari aparatur Desa, aktivis, anak-anak muda di desa, seluruh kelompok-kelompok, dan elemen-elemen yang ada di desa semuanya bergerak secara harmonis ke arah kemajuan Desa,” jelasnya.

Selain itu, sumber daya alam yang dimiliki dan di dukung sumberdaya manusia yang ada, diharapkan dapat beroperasi secara maksimal serta dapat bekerjasama menuju kesejahteraan desa dengan local system yang ada.

“Program smart village ini, dihadirkan untuk menjadi pemecah dari persoalan-persoalan yang ada. Keberadaan BUMDes juga diharapkan bisa mendorong pergerakan ekonomi desa secara maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Pesbar Achmad Chrisna Putra mengatakan Pemkab Pesbar sangat mendukung dan menyambut baik Program Smart Village  Kawasan Perdesaan, Bumdes yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pesbar.

“Seluruh OPD agar menindaklanjuti program yang direncanakan sehingga program desa berjaya Provinsi Lampung di Kabupaten Pesbar lebih maju, selain itu seluruh OPD terkait bisa saling bersinergi dengan Pemerintah Pekon dan diperlukan dukungan dari masyarakat,” singkatnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait