Pemkab Pesbar Gelar Audiensi dengan Tim Pembentukan Mapolres Pesisir Barat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menggelar audiensi dengan tim Perencanaan Pembentukan Mapolres Pesisir Barat dari Mabes Polri, di ruang rapat Batu Gughi Setdakab Pesbar, Kamis (25/3).

Hadir dalam kesempatan itu Plh. Bupati Pesbar Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., Karolemtala Asrena Mabes Polri Brigjen Pol Drs. Budi Yuwono, M.H., Karorena Polda Lampung Kombes Pol, Y. Budi Medianto, S.lk., Kabag Strajemen Asrena Polda Lampung AKBP Dasep Wahyu Permadi, S.P, S.H., Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik., M.H., sejumlah kepala OPD dan jajaran Polres Lambar.

Bacaan Lainnya


Dalam kesempatan itu, Lingga Kusuma mengucapkan selamat datang kepada tim pembentukan Mapolres Pesisir Barat beserta rombongan di Negeri para Sai Batin dan Para Ulama, juga telah berkenan hadir di Pemerintah Daerah Pesisir Barat, diketahui bahwa Kabupaten Pesisir Barat pada tanggal 22 April ini genap berusia delapan tahun.

“Perjuangan dan usaha masyarakat Pesisir Barat untuk menjadi kabupaten sebenarnya telah dimulai jauh sebelum tahun 2005 yang melalui tahapan-tahapan yang sangat panjang dan tantangan dan rintangan sehingga lahirlah Kabupaten Pesbar yang beribukota Krui,” kata dia.

Ditambahkannya, dalam rencana pembangunan Mapolres Pesisir Barat, Pemkab Pesbar telah menyiapkan sejumlah lokasi lahan alternatif, seperti lokasi pertama pembangunan yang berada jalur dua Bandara M. Taufik Kiemas Pekon Serai Kecamatan Pesisir Tengah seluas lima hektar.

“Lahan di jalur dua bandar itu sudah disetujui dan ditinjau langsung Wakapolda Lampung, lokasi kedua berada di Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah lokasinya termasuk dataran rendah, lokasi ketiga berada di Pekon Suka Jadi Kecamatan Krui Selatan seluas lima hektar,” paparnya.

Selanjutnya, Kantor Sementara Polres Pesisir Barat disiapkan di Wisma Pramugari Dishub Pemkab Pesisir Barat, selain itu Pemkab Pesbar berharap  agar ada penambahan tiga polsek lagi di kabupaten setempat.

“Mohon kepada jenderal untuk penambahan tiga Polsek lagi di Kabupaten Pesisir Barat, sehingga total ada tujuh Polsek yang berada di kabupaten ini,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Karolemtala Asrena Mabes Polri Brigjen Pol Drs. Budi Yuwono, M.H., menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemkab Pesbar yang telah menyambut baik kedatangan tim pembentukan Polres Pesisir Barat.

“Terkait pembentukan Mapolres di Kabupaten Pesbar perlu mengingat sesuai ketersediaan lahan minimal lima hektar, selain itu melihat usia kabupaten pesisir barat sudah beranjak delapan tahun maka pembentukan mapolres perlu dukungan penuh dari Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Selanjutnya, Budi Yuwono mengatakan kehadiran dirinya dan rombongan untuk penataan Organisasi Polri, karena usia Kabupaten Pesbar sudah delapan tahun maka sudah layak dibentuk kesatuan wilayah berupa Polres.

“Penyiapan lahan jangan terlalu jauh dari Kota Krui, kalau lahan Polres dekat dengan Kota alangkah lebih baiknya untuk memudahkan pelayanan dan penataan Kota. lahannya strategis dan di Ibu Kota, juga melihat aspek evakuasi bencana ketinggian dari laut,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait