Pemkab Pesbar Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Kerja pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pesbar Tahun 2022, di aula Sartika Guest House Pekon Serai Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (25/3).

Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten Pesbar yang dilaksanakan secara virtual meeting (online) itu diikuti oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim. Hadir juga dalam kegiatan Plh. Bupati Pesbar Ir.N. Lingga Kusuma, M.P., kepala Bappeda Pesbar Drs.Zukri Amin, M.P., Asisten II Setdakab Pesbar Syamsu Hilal, S.Sos., sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur Forkopimda serta pihak undangan terkait lainnya.

Bacaan Lainnya


Dalam sambutannya, N.Lingga Kusuma, mengatakan dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten Pesbar untuk penyusunan RKPD tahun 2022 itu dilaksanakan dengan segala keterbatasan, mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir. Meski begitu semua harus mampu menyatukan persepsi, pikiran, tekad, semangat untuk bersama-sama merencanakan arah pembangunan Kabupaten Pesbar tahun 2022 mendatang yang dapat bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Lampung, bahkan hingga Pemerintah Pekon.

“Dengan berakhirnya periodesasi RPJMD tahun 2016-2021 dan akan dimulainya periodisasi RPJMD tahun 2021-2026. Maka tahun 2022 merupakan tahun pondasi yang harus direncanakan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Terlebih, lanjutnya, pada saat penyusunan dokumen itu, untuk RPJMD Kabupaten Pesbar tahun 2021-2026 belum ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda). Hal ini sebagaimana diamanatkan pada pasal 147 ayat (2) Permendagri No.86/2017, yang mengatur penyusunan RKPD bagi daerah yang belum memiliki RPJMD maka dokumen yang menjadi pedoman adalah RPJPD Kabupaten, RPJMD Provinsi serta memperhatikan RKP Nasional.

“Berdasarkan hal itu, RKPD Kabupaten Pesbar tahun 2022 setidaknya mempedomani arah kebijakan daerah dan sasaran pokok pembangunan dalam RPJPD tahun 2005-2025,” jelasnya.

Dijelaskannya, kebijakan dan sasaran pokok pembangunan dalam RPJMD tahun 2005-2025 itu yakni menuju Pesisir Barat madani dan sejahtera. dengan arah kebijakan antara lain membangun prasarana, sarana serta utilitas dasar wilayah dalam skala mantap, tanggap bencana dan berwawasan lingkungan, membangun infrastruktur perekonomian yang kuat dan berkelanjutan berbasis pariwisata, sumber daya alam dan kearifan lokal.

Kemudian, membangun Pesbar yang asri dan lestari, mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan berdaya saing. Selain itu, membangun kehidupan masyarakat yang agamis, demokratis, berbudaya dan tentram dengan mengedepankan supremasi hukum, serta membangun pemerintahan yang baik dan bersih.

Berdasarkan pada hal tersebut, RKPD Kabupaten Pesbar tahun 2022 diarahkan untuk pembangunan ekonomi daerah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dengan lima prioritas pembangunan daerah, yaitu pembangunan sumber daya manusia kesehatan masyarakat, pembangunan infrastruktur, pembangunan ekonomi masyarakat, pengentasan kemiskinan, serta reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

“Sementara itu, target ekonomi makro Kabupaten Pesbar tahun 2022 mendatang antara lain pertumbuhan ekonomi 4,0-5,0 %, PDRB Perkapita 30.101 juta rupiah, tingkat pengangguran terbuka 2,5-3,0 %, tingkat kemiskinan 14,00-14,25 %, rasio gini 0,30-0,33 poin dan IPM 64,00-64,25 poin,” jelasnya.

Sementara itu, kepala Bappeda Pesbar, Zukri Amin, mengatakan bahwa Musrenbang untuk penyusunan RKPD Kabupaten Pesbar tahun 2022 itu untuk membahas rancangan awal RKPD Kabupaten dan meningkatkan keterpaduan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan antara Kabupaten Pesbar, Provinsi dan Pemerintah Pusat.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah yang terangkum dalam tema RKPD, serta menyepakati prioritas pembangunan daerah dan sebagainya,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait