Pemkab Pesbar Gelar Rakor Bahas Harga Kebutuhan Pokok

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) bulanan dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), yang dilaksanakan di Ruang Rapat Batu Gughi, Setdakab Pesbar, Rabu (7/4).

Hadir dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Pesbar Bambang Sumbogo, S.E, M.M., Sekkab Pesbar Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab dan Forkopimda Lampung Barat-Pesisir Barat.

Bacaan Lainnya



Dalam Rakor bulanan yang membahas keragaman ketersediaan pangan menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442, Bambang Sumbogo mengatakan kondisi cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini, dirinya minta agar Pemkab Pesbar rutin berkoordinasi dengan BMKG.

“Sebagai antisipasi perubahan cuaca di kabupaten ini, apalagi cuaca buruk yang dapat mengakibatkan bencana alam, saya rasa kita perlu rutin berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui kondisi cuaca di kabupaten ini,” kata dia.

Sementara itu, terkait harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pesbar yang cenderung naik menjelang Ramadhan, Bambang meminta instansi terkait agar dapat mengatasi hal itu, jika diperlukan diadakan pasar murah.

“Saya minta Dinas Ketahanan Pangan agar mengkoordinasikan dengan Bulog terkait kebutuhan pokok agar ketersediaan aman dengan harga yang tidak mahal dan terjangkau,” jelasnya.

Sementara itu, Sekkab Pesbar Lingga Kusuma., minta Kadis Koperindag dan Kadis Ketahanan Pangan membentuk im pemantauan barang kebutuhan pokok dan menginstruksikan kepada para penyedia agar menyediakan bahan-bahan pokok yang dianggap minim stok.

“Saya minta kepada Kadis Koperindag dan Kadis Ketahanan Pangan agar dapat rutin memantau harga kebutuhan pokok di kabupaten ini, kebutuhan pokok yang kira-kira mulai menipis agar diupayakan untuk selalu tersedia, sehingga tidak mengakibatkan lonjakan harga,” ujarnya

Sementara itu, dalam pemaparannya Kadis Ketahanan Pangan Nawardi, menyampaikan berdasarkan prognosa ketersediaan dan kebutuhan menjelang bulan suci Ramadhan selama tiga bulan terakhir, ketersedian kebutuhan sembako di Kabupaten Pesbar masih aman.

“Hal itu berdasarkan pantauan di lima pasar pemda yaitu pasar way batu, pasar Kebuayan, Pasar Biha, Pasar Gedungcahya Kuningan dan Pasar Pagar Bukit Kecamatan Bangkunat,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait