Pemkab Pesbar Gelar Upacara Peringatan HUT RI di Lapangan Labju

  • Whatsapp

Medialmapung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke -75 di Lapangan Merdeka Pantai Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (17/8).

Dalam upacara yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus tersebut, Bupati Pesbar Dr. Drs. Hi. Agus istiqlal, S.H, M.H, bertindak selaku inspektur upacara, Komandan upacara Danramil Pesisir Tengah Kapten Arm. Sahabuddin, serta peserta upacara mulai dari Wakil Bupati Erlina, S.P, M.H., Ketua DPRD Pesbar Nazrul Arif, Forkopimda Lambar-Pesbar, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan perwakilan dari masing-masing OPD.

Bacaan Lainnya



Tepat pukul 07.00 WIB detik-detik hari kemerdekaan dimulai dengan ditandai bunyi sirine oleh inspektur upacara. Dilanjutkan dengan pembacaan teks naskah proklamasi oleh ketua DPRD Pesbar Nazrul Arif.

Sementara itu, pelaksanaan pengibaran bendera pusaka yang dilaksanakan secara sederhana namun sakral oleh petugas pengibar bendera pusaka (Paskibraka) berjalan dengan sukses. 

Tiga orang anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera merah putih yakni Yongki Apriza dari SMAN 1 Pesisir Tengah, Edwin Sanjaya dari SMAN 1 Pesisir Selatan dan Aprial Tomi dari MAN 1 Pesisir Barat.

Usai melaksanakan upacara, Agus Istiqlal menyampaikan pidato dengan tema peringatan HUT kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 “Indonesia Maju”, tema tersebut memiliki makna yang mendalam karena kita meyakini bahwa indonesia merdeka adalah suatu jembatan emas untuk mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara.

“Harapan tersebut hanya bisa dicapai dengan kerja nyata yang pada akhirnya mampu membuat kemajuan khususnya di masa pandemi saat ini,” kata dia.. 

Dirinya berharap melalui momentum HUT Kemerdekaan RI ke-75, dapat dijadikan sebagai titik awal dalam meningkatkan kinerja, guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan yang telah gugur.

“Saya harap HUT Kemerdekaan tahun ini dapat meningkatkan kemampuan dan kinerja kita di bidangnya masing-masing, sehingga dapat melaksanakan pembangunan kearah yang lebih baik,” ujarnya. (ygi/mlo)



Pos terkait