Pemkab Pesbar Lepas 103 PNS yang Pensiun

  • Whatsapp
Pemkab Pesbar melepas ratusan PNS yang memasuki masa purna bakti pada tahun 2019 dan tahun 2020,di GSG Selalaw - Foto Dok

Medialampung.co.id Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan pelepasan dan pembekalan pada 103 orang pegawai negeri sipil (PNS) di kabupaten setempat yang telah memasuki masa purna bhakti, pada tahun 2019 dan tahun 2020 mendatang di GSG Selalaw Pantai Labuhan Jukung, Kamis (24/10).

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Hasnul Abrar, M.P., Plt. Kepala BKD Pesbar Syahrial Abadi, S. Sos., Perwakilan Bank Mandiri, dan ratusan PNS yang memasuki Purna Tugas pada tahun 2019 dan tahun 2020.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Hasnul Abror, mengatakan masa pensiun bukanlah akhir dari sebuah pengabdian, tapi merupakan anugerah yang harus disyukuri karena telah melewati masa pengabdian yang panjang dan pada saatnya harus kembali ke masyarakat dengan bentuk pangabdian yang lain.

“Usia pensiun merupakan hal yang alamiah dan semua PNS pasti akan mengalaminya, karena itu dengan memasuki masa pensiun seperti ini kita harus tetap bersyukur,” kata dia.

Dijelaskannya, ada banyak hal yang dapat dikerjakan saat menikmati masa pensiun, dimana manfaatnya tidak kalah penting dibanding dengan masih berstatus sebagai PNS, seperti dapat meluangkan waktu lebih banyak untuk berkumpul dengan keluarga.

“Selain itu dapat kembali terjun ke tengah masyarakat dalam bentuk pengabdian yang lain dengan semangat baru, sehingga tetap harus ada eksistensi diri yang terus dijaga agar dapat terus berkarya dan berproduktivitas tinggi, terlebih lagi ditengah masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya berharap agar PNS yang telah memasuki purna tugas, tidak perlu ragu apalagi putus asa menghadapi kondisi itu, tapi sebaliknya harus memiliki semangat baru untuk menatap masa depan lebih baik saat memasuki masa tua.

“Kembangkan hobi yang tertunda akibat kesibukan saat aktif sebagai PNS dan buatlah perencanaan kegiatan untuk usaha atau investasi, meski tidak besar, tapi bisa menambah penghasilan,” ujarnya.

Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan saat memasuki masa pensiun seperti membangun usaha melalui kerja sama dengan pihak ketiga atau lembaga keuangan, dan yang tak kalah penting dapat menjaga pola hidup sehat dan terus membina hubungan silaturrahmi dengan sejumlah relasi.

“Pensiunan juga bisa membina hubungan kerja sama dalam pengembangan usaha atau hal lain yang bermanfaat dalam menyongsong hari tua,” tandasnya. (yog/d1n/mlo)



Pos terkait