Pemkab Pesbar Masih Kekurangan PNS

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih kekurangan pegawai negeris sipil (PNS) hingga 3.000 orang, jumlah itu cukup banyak, belum lagi formasi penerimaan CPNS setiap tahun tidak sampai 1.000 formasi.

Kepala BKD Pesbar, Syahrial Abadi, S.Sos., mengatakan, kebutuhan PNS di Kabupaten Pesbar mencapai 6.000 orang, jumlah itu untuk mengisi berbagai formasi yang ada di kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya

“Idealnya jumlah PNS di kabupaten ini mencapai 6.000 orang, jumlah itu untuk memenuhi setiap lini struktur pemerintahan, tenaga kesehatan hingga tenaga pendidikan yang ada di kabupaten termuda di Provinsi Lampung ini,” kata dia.

Dijelaskannya, jumlah PNS di Kabupaten Pesbar saat ini hanya 2.284 orang, jumlah itu tidak sampai setengah dari jumlah kebutuhan PNS yang yang mencapai 6.000 orang.

“Saat ini hanya ada 2.284  orang PNS yang bertugas di Kabupaten Pesbar ini, dan mereka tersebar di sejumlah bidang, mulai dari struktur pemerintahan, tenaga kesehatan hingga tenaga pendidikan,” jelasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan pegawai, pada tahun ini pemkab Pesbar mengusulkan perekrutan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 300 formasi.

“Tahun ini kita sedang menunggu jumlah formasi yang disetujui pemerintah pusat, begitu juga dengan jadwal pelaksanaan perekrutan CPNS dan PPPK itu,” terangnya.

Pihaknya berharap, kedepannya ketersediaan anggaran dapat membantu penambahan jumlah pegawai terutama PNS dan P3K di kabupaten tersebut. 

“Jumlah formasi CPNS yang kita usulkan tahun ini minim karena anggaran untuk merekrut itu tidak cukup, karenanya kita berharap kedepan anggaran kita bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pegawai kita,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait