Pemkab Pesbar Siapkan Rp34,962 Miliar Untuk TPP

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) ditahun anggaran 2021 telah menyiapkan anggaran Rp34,962 miliar lebih untuk Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab setempat.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., melalui Sekretaris BPKAD setempat, Herdi Wilismar, S.H., mengatakan pemberian TPP untuk ASN dilingkungan Pemkab itu rutin setiap tahun.Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.59/2017 tentang perubahan atas Permendagri No.13/2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

Bacaan Lainnya

“Dalam aturan itu dijelaskan bahwa tambahan penghasilan pegawai diberikan dalam rangka peningkatan kesejahteraan pegawai,” katanya, Rabu (13/1).

Dikatakannya, dengan berdasarkan beban kerja, tempat bertugas, kondisi kerja, kelangkaan profesi, prestasi kerja dan sebagainya. Seperti tambahan penghasilan berdasarkan beban kerja diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dibebani pekerjaan melampaui beban kerja normal. Selain itu, untuk tambahan penghasilan berdasarkan tempat tugas itu diberikan bagi PNS dalam melaksanakan tugasnya seperti di daerah terpencil.

“Sedangkan, untuk tambahan penghasilan berdasarkan kondisi kerja, diberikan untuk PNS di lingkungan kerja yang memiliki resiko tinggi,” jelasnya.

Begitu juga, kata dia, untuk tambahan penghasilan berdasarkan kelangkaan profesi, diberikan kepada PNS yang memiliki keterampilan khusus dan langka, serta tambahan penghasilan berdasarkan prestasi kerja diberikan untuk PNS yang memiliki prestasi kerja maupun inovasi, serta berdasarkan kriteria lainnya. Untuk itu mudah-mudahan anggaran TPP yang telah disiapkan oleh Pemkab Pesbar untuk ASN ditahun 2021 ini nantinya bisa membantu PNS serta kedepan dapat lebih meningkatkan kinerjanya.

“Mengenai pencairan TPP untuk seluruh ASN dilingkungan Pemkab Pesbar di tahun 2021 hingga kini masih menunggu informasi dari Pemerintah Pusat karena di tahun ini pencairan TPP itu akan mengikuti proses aplikasi di Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),” katanya.

Sehingga, masih kata dia, pencairannya belum bisa dipastikan, diharapkan agar seluruh ASN dilingkungan Pemkab Pesbar dapat bersabar, sedangkan untuk gaji ASN sebelumnya telah direalisasikan oleh Pemkab setempat. Sementara itu, terkait dengan besaran anggaran untuk TPP di tahun ini juga termasuk persediaan jika di Pesbar ini terjadi adanya tambahan PNS.

“Anggaran TPP yang telah disiapkan di tahun ini sebagai persiapan jika ada tambahan PNS di Pesbar dari pengadaan atau mutasi dari luar daerah,” tandasnya. (yan/d1n/mlo)




Pos terkait