Pemkab Pesbar Sosialisasikan SIPP dan SP4N-LAPOR

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Bagian Organisasi, melaksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR) tahun 2021 di aula Sunset Beach, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (23/6).

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Hasnul Abrar Sanusi, M.P., Narasumber Diskominfotik Provinsi Lampung Hamami, Plt. Kadis Kominfo Pesbar, Drs. Miswandi Hasan, M.Si dan perwakilan dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Hasnul Abrar Sanusi, mengatakan dalam rangka mencapai salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Aparatur pemerintahan sebagai unsur utama sumber daya manusia mempunyai peran yang sangat strategis dalam mengemban tugas pemerintahan dan pembangunan,” kata dia.

Dijelaskannya, sesuai kebijakan peraturan menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi No.13/2017 tentang pedoman penyelenggaraan sistem informasi pelayanan publik, peraturan menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi No.62/2018 tentang pedoman sistem pengaduan pelayanan publik nasional.

“Hal itu merupakan arah kebijakan pemerintah dalam mewujudkan keterbukaan pelayanan publik yang berkualitas serta tanggap terhadap penanganan pengaduan masyarakat guna memberikan pelayanan prima dengan melakukan pola pikir dan budaya kerja dalam mewujudkan pemerintah yang baik dan bersih,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi SIPP dan SP4N-LAPOR itu dilatarbelakangi dalam upaya mewujudkan kinerja pelayanan publik di lingkungan pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang terukur dan dapat dievaluasi keberhasilannya.

“Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan informasi standar pelayanan melalui media online kepada masyarakat sehingga semua pihak yang terlibat dalam SIPP dan SP4N-LAPOR,” terangnya.

Selain itu dapat memberikan informasi standar pelayanan meliputi produk pelayanan, alur pelayanan, waktu pelayanan, persyaratan pelayanan, dan biaya/tarif produk pelayanan kepada masyarakat, yang diinformasikan oleh setiap unit OPD yang melaksanakan pelayanan. 

“Saya berharap kepada peserta agar serius mengikuti sosialisasi ini, sehingga pengetahuan yang telah didapat dari kegiatan ini dapat diterapkan dan masyarakat cepat mendapat pelayanan sebagaimana yang diharapkan,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait