Pemkab Pesbar Sosialisasikan SOP Administrasi Pemerintah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mensosialisasikan standar operasional prosedur (SOP) administrasi pemerintah yang dilaksanakan di aula Kecamatan Karyapenggawa, Selasa (9/3).

Hadir dalam kesempatan itu Asisten III Bidang Administrasi Umum, Ir. Hasnul Abror, M.P., Camat Karyapenggawa Cahyadi Muis, narasumber dari Disdukcapil, Edison Hakim dan dari DPMPTSP, Indra Gunawan, tokoh masyarakat, peratin dan perwakilan organisasi perangkat daerah.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Hasnul Abror, mengatakan dalam rangka mencapai salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 yaitu, mencerdaskan kehidupan bangsa, maka aparatur pemerintahan mempunyai peran yang sangat strategis dalam mengemban tugas pemerintahan dan pembangunan.

“Sesuai kebijakan peraturan Menteri Dalam Negeri No.52/2011 tentang SOP Pemerintah Daerah dan merupakan arah kebijakan pemerintah dalam membangun profil dan perilaku ASN yang memiliki integritas, produktivitas dan bertanggung jawab serta memiliki kemampuan memberikan pelayanan kepada publik,” kata dia.

Dijelaskannya, kegiatan sosialisasi SOP ini dilatarbelakangi dalam upaya mewujudkan kinerja pelayanan publik di lingkungan Pemkab Pesbar yang terukur dan dapat dievaluasi keberhasilannya perlu memiliki pedoman berupa Sosialisasi tentang SOP tersebut.

“Sosialisasi SOP administrasi pemerintah ini bertujuan untuk meningkatkan hak-hak masyarakat terhadap pelayanan publik untuk sinergitas pemahaman sehingga semua pihak yang terlibat dalam SOP itu bisa mengetahui alur proses, fungsi dan peran masing-masing,” jelasnya.

Ditambahkannya, sosialisasi itu berguna untuk memberikan informasi yang benar kepada penerima layanan tentang apa yang harus dilakukan dan sebagai sarana penyebarluasan informasi diantaranya pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

“Saya harap kegiatan ini dapat berjalan dengan maksimal sehingga pengetahuan yang telah didapat dari kegiatan ini dapat diterapkan, dengan begitu masyarakat dengan cepat menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait