Pemkab Pesbar Upayakan Pembangunan SPBN

  • Whatsapp
Foto ilustrasi SPBN

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Perikanan (Diskan), kini tengah mengupayakan pembangunan Stasiun Pengisian Bahanbakar Nelayan (SPBN) di kabupaten setempat.

Kadis Perikanan Pesbar, Armen Qodar, S.P, M.M., mengatakan pihaknya telah menyampaikan usulan ke Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) terkait pembangunan SPBN itu.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Bagian Perekonomian dan SDA terkait usulan pembangunan SPBN ke Kementerian ESDM itu, kita berharap bisa terealisasi agar kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) nelayan bisa terpenuhi,” kata dia.

Dijelaskannya, kini nelayan masih kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak, terutama nelayan yang berada jauh dari SPBU, jika membeli dari pengecer harganya cukup mahal dan memberatkan nelayan.

“Usulan agar dibangun SPBN itu dilakukan agar nelayan tidak lagi kesulitan mendapatkan bahan bakar jenis premium yang biasa digunakan untuk jukung mereka,” jelasnya.

Menurutnya, bahan bakar yang digunakan nelayan selama ini merupakan bahan bakar jenis premium, karena itu diharapkan SPBN yang akan dibangun itu merupakan SPBN yang menyiapkan bahan bakar jenis premium.

“Kita berharap SPBN yang dibangun nanti menyiapkan bahan bakar premium, jadi bukan bahan bakar solar, karena mesin kapal yang digunakan nelayan menggunakan bahan bakar premium,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam menyampaikan usulan pembangunan SPBN itu, pihaknya menyiapkan dua lokasi, yakni di Kecamatan Bangkunat dan di Kecamatan Pesisir Tengah.

“Mudah-mudahan usulan yang kita sampaikan segera terealisasi, dengan begitu nelayan tidak lagi kesulitan atau harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan bahan bakar,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait