Pemkab Pesbar Upayakan Peningkatan Daya Pada Sejumlah Jaringan Listrik

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), hingga kini masih mengupayakan peningkatan daya di sejumlah jaringan listrik di kabupaten setempat.

Pasalnya, terdapat sejumlah daerah yang telah dilalui jaringan listrik, namun dayanya tidak maksimal karena rentang kabel jaringan yang terlalu panjang dan tidak tersedia gardu hubung.

Bacaan Lainnya



Kadis PMPTSP Pesbar, Drs. Jon Edwar, M. Pd., mengatakan terdapat sejumlah wilayah yang telah dilalui jaringan listrik, tapi daya yang dihasilkan tidak maksimal, bahkan arus listrik sering naik turun.

“Memang masih ada daerah yang masih membutuhkan peningkatan daya listrik. Meski telah dilalui jaringan listrik tapi masyarakat tidak bisa merasakan manfaatnya secara maksimal karena arus listrik yang tidak stabil,” kata dia.

Dijelaskannya, tidak tersediannya gardu hubung menjadi salah satu penyebab tidak maksimalnya arus listrik sampai kerumah warga, karena jauhnya rentang kabel utama membuat arus listrik tidak maksimal.

“Karena rentang kabel yang terlalu panjang dan tidak didukung dengan ketersediaan gardu hubung, sehingga arus listrik tidak stabil bahkan cenderung turun dan menjadi keluhan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, sejumlah daerah yang membutuhkan peningkatan daya itu seperti pada jaringan listrik di jalan wisata Pekon Walur, Kecamatan Krui Selatan, ruas jalan Liwa-Krui Pekon Labuhan Mandi, Kecamatan Waykrui, serta sejumlah daerah lainnya.

“Sejumlah daerah itu sudah kita upayakan agar ada penambahan gardu, dengan begitu arus listrik bisa sampai dan dimanfaatkan masyarakat dengan maksimal,” terangnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan PT. PLN Rayon Liwa agar hal itu ditindaklanjuti dengan menambah gardu hubung sehingga daya listrik yang dihasilkan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.

“Kita berharap apa yang dikeluhkan masyarakat ini bisa ditanggulangi dan ditangani oleh PLN, sehingga masyarakat bisa merasakan memanfaatkan listrik itu secara maksimal,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait