Pemkab Pringsewu Dorong Warga Kembangkan Peternakan Kelinci

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Pengembangan ternak Kelinci menjadi salah satu yang sedang dijajaki oleh Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pringsewu.

Meski masih belum banyak warga yang beternak namun kedepannya diharapkan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Terlihat kecil memang, namun dari beberapa peternak yang ada di Pringsewu mampu menambah penghasilan keluarga,” terang Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Budi Pramono mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, Siti Litawati, SP. 

Dikatakan memiliki nilai ekonomis menurutnya selain cara pemeliharaannya yang mudah juga karena produktivitasnya juga bagus.

Satu indukan, menurut Budi, bisa melahirkan lebih dari Lima ekor. Usia Satu bulan sudah dapat dijual dengan harga kisaran Rp 25 ribu.

“Bila punya banyak indukan dan produktif dengan melahirkan banyak anak di kalikan saja. Kan sudah ikut membantu tambahan penghasilan,” terangnya.

Alumnus kedokteran hewan UGM itu mengungkapkan bahwa di beberapa pekon Pringsewu sudah ada warga yang menekuni usaha peternakan kelinci.

“Jenisnya Lokal, pemeliharaan mudah, tak butuh lahan luas karena di dalam kandang,” bebernya.

Untuk itu, dikatakan drh. Budi, Pemkab Pringsewu akan berupaya mengembangkannya dengan warga mendorong melalui sejumlah program.(sag/mlo)


Pos terkait