Pemkab Siapkan Anggaran Dana Tak Terduga Rp34 Miliar

  • Whatsapp
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P.

Medialampung.co.id –  Pemkab Lambar tahun ini menyiapkan data tak terduga sebesar Rp34 miliar lebih, termasuk didalamnya untuk penanganan wabah virus corona (Covid-19).

”Awalnya pemerintah daerah menganggarkan data tak terduga sekitar Rp1 miliar lebih namun setelah dilakukan penyesuaian anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) maka dana tak terduga dianggarkan sebesar Rp34 miliar termasuk untuk penanganan Covid-19 dan bencana alam,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P, Rabu (13/5).

Bacaan Lainnya



Kata dia, dasar dilakukannya penyesuaian APBD Kabupaten Lambar tahun 2020 itu sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor35/PMK.07/2020 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2020 dalam rangka penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional.

”Untuk penanganan Covid-19, seperti halnya ada di Dinas Sosial, Rumah Sakit Umum Alimuddin Umar, Dinas Kesehatan dan sejumlah OPD terkait lainnya,” kata dia.  

Menurut Daman, adapun prosedur untuk mencairkan dana tak terduga, yaitu peratin atau lurah, camat serta OPD mengajukan kepada BPKD.  ”Sepanjang ada pengajuan atau usulan yang masuk dan memenuhi persyaratan maka kita siap untuk menyalurkan bantuan,” pungkas Daman. (lusi/mlo)



Pos terkait