Pemkab Siapkan Rp43,36 Miliar untuk Jalan Kabupaten-Lingkungan

  • Whatsapp
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si

Medialampung.co.id – Infrastruktur jalan menjadi salah satu fokus perhatian Pemkab Lambar. Bahkan untuk penanganan jalan kabupaten dan jalan lingkungan (Jaling), pemerintah daerah tahun ini akan menyiapkan anggaran sebesar Rp43,36 miliar lebih.

“Anggaran sebesar Rp43,36 miliar yang bersumber dari APBD tahun 2020 itu terdiri dari penanganan jalan kabupaten sebesar Rp27,44 miliar dan jalan lingkungan sekitar Rp15,92 miliar,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Okmal.

Bacaan Lainnya



Dipaparkannya, dana sebesar Rp43,36 miliar lebih bersumber dari APBD itu akan digunakan untuk kegiatan pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan sejumlah ruas jalan kabupaten dan jalan lingkungan.

Dana sebesar Rp27,44 miliar lebih itu, rinciannya untuk penbanguna jalan kabupaten sebesar Rp7,6 miliar lebih, antara lain untuk pembangunan  ruas jalan Sukamarga-Negeriratu, ruas jalan Wayngison-Pahiton, ruas jalan Atarbawang- Tebaliok, ruas jalan Basungan-Batu Api, ruas jalan Rungau- Pahayujaya, ruas jalan Sukajadi-Ringinjaya, ruas jalan SMA Batukebayan, ruas jalan Kubuliku-Pampangan, Serengit (Sidomulyo)-Basungan, Sukamarga-Landos, Tebakpering-Sedampah, serta sruas jalan Sukarame-Pahiton.

Kemudian, peningkatan jalan sebesar Rp15,59 miliar lebih untuk 24 ruas jalan, antara lain yaitu ruas jalan Wayheni-Sukamarga (Segmen Gunungratu), Kenali-Kembahang, Ruas jalan Sumberalam-Trimulyo ruas jalan Simpangsebelat-Ssukarame, ruas jalan Puralaksana-Rungau, serta ruas jalan Pekon Balak-Sedampah.

Selanjutnya kata Okmal, rehabilitasi jalan dan jembatan kabupaten dianggarkan sebesar Rp4,20 miliar lebih, antara lain pemeliharaan jalan Mutaralam-Gunungterang, serta rehab longsor jalan lingkar kota Pajarbulan Kecamatan Waytenong. Selain itu, pemerintah juga menganggarkan dana untuk pemeliharaan rutin jalan sebesar Rp1,45 miliar lebih, antara lain untuk pemeliharaan periodik jalan Bungin-Gunungterang, serta pemeliharaan periodik jalan Sebarus-Empulau Ulu

Lebih jauh Okmal mengungkapkan, untuk dana sebesar Rp15, 92 miliar lebih akan digunakan untuk penanganan 67 ruas jalan lingkungan yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Lambar. Ke 67 ruas jalan lingkungan yang akan ditingkatkan itu, antara lain peningkatan jalan Pekon Sumberagung Suoh Rp500 juta, jalan lingkungan menuju puskemas baru Purawiwatan Rp352 juta lebih, jalan lingkungan Purawiwiatan ke eks Pos Pol Kebuntebu (lanjutan) Rp394 juta lebih, jalan Lingkungan Lingkar Sabah Bekhak Rp300 juta, serta ruas jalan Bunuk Pekon Hanakau Kecamatan Sukau sekitar Rp250 juta.

“Semoga dengan adanya peningkatan jalan lingkungan dan kabupaten maka akan lebih mempermudah akses jalan bagi masyarakat,” tandasnya (lus/mlo)



Pos terkait