Pemkab Tanggamus Gelar Konsultasi Publik Penyusunan RKPD

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Tanggamus melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) menggelar kegiatan konsultasi publik penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Tanggamus tahun 2022, Rabu (24/2).

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat utama (Rupatama) Sekretariat Daerah tersebut dibuka langsung Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani,turut hadir Wakil Bupati Tanggamus Hi. A.M. Syafii, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Sekda Tanggamus Hamid H. Lubis, para Asisten, Inspektur Ernalia dan Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega. 

Bacaan Lainnya

Kegiatan Konsultasi Publik RKPD ini juga diikuti oleh seluruh camat, kepala OPD, instansi vertikal dan akademisi melalui zoom meeting.

Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega melalui Kepala Bidang Perencanaan dan Pendanaan Daerah, Feri Septiawan mengatakan, tujuan dari pelaksanaan konsultasi publik adalah untuk mendapatkan masukan dari seluruh komponen masyarakat dan para pemangku kepentingan (Stakeholder) dalam penyusunan RKPD Kabupaten Tanggamus tahun 2022.

“Kegunaan konsultasi publik penyusunan RKPD Kabupaten Tanggamus tahun 2022 ini sebagai acuan dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Tanggamus tahun 2022 yang akan dibahas lebih lanjut dalam forum Musrenbang dan menjadi rancangan akhir serta ditetapkan dalam peraturan bupati,” kata Feri.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa isu strategis pembangunan tahun 2022 yang perlu segera dibenahi yaitu, pembangunan antar wilayah masih belum merata, pusat pertumbuhan wilayah masih belum optimal, pelayanan dasar masih belum optimal, daya saing daerah masih relatif rendah dan pemanfaatan ruang yang berbasis kebencanaan masih kurang terkendali.

“Oleh karena itu arah kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 diantaranya pengembangan perdesaan dan sarana sosial ekonomi terutama daerah terpencil dan tertinggal, peningkatan konektivitas antar wilayah, peningkatan tata kelola pemerintahan, peningkatan inovasi daerah dan percepatan pemenuhan pelayanan dasar untuk masyarakat miskin terutama di daerah terpencil dan tertinggal,” ujar Dewi Handajani.

Sementara, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Mulyadi Irsan dalam pemaparannya yang disampaikan secara virtual melalui aplikasi zoom, menyampaikan beberapa program dan arah kebijakan dari Pemerintah Provinsi Lampung. Menurut Mulyadi, di situasi Pandemi Covid-19 ini, Kabupaten Tanggamus harus mencari terobosan-terobosan dalam rangka percepatan pembangunan di Tanggamus.

“Dalam rangka percepatan pembangunan di Tanggamus seperti apa yang diharapkan kuncinya adalah inovasi, saya percaya kalau kita semua bekerja dengan sungguh-sungguh maka pembangunan yang telah direncanakan dapat tercapai. Dan konsultasi publik ini diharapkan dapat mewujudkan perencanaan yang akuntabel sesuai visi misi RPJMD,” kata Mulyadi Irsan.(ehl/rnn/mlo)




Pos terkait