Pemkab Tanggamus Segera Laksanakan Vaksinasi Bagi Masyarakat Umum

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tanggamus menyatakan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi kelompok masyarakat umum. Hal itu bisa langsung dilaksanakan apabila sudah mendapat kiriman vaksin dari pemerintah pusat.

“Saat ini kami masih menunggu kiriman dosis vaksin Covid-19 untuk kelompok masyarakat umum yang masuk dalam tahap III terutama populasi rentan seperti lanjut usia (Lansia) dan usia produktif,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Bambang Sutejo mewakili Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat, Minggu (25/7).

Bacaan Lainnya

Dilanjutkan Bambang bahwa pelaksanaan vaksin tahap III akan dilakukan secara bertahap. Untuk itu bagi yang nantinya belum mendapat giliran diminta untuk tetap bersabar.

“Apabila Tanggamus sudah mendapat kiriman vaksin diminta kepada masyarakat dapat mengikuti vaksinasi dan sabar menunggu giliran sesuai dengan  ketersediaan vaksin di puskesmas. Adapun untuk jumlah yang bakal didistribusikan kami belum tahu,” kata dia.

Masih kata Bambang bahwa saat ini pihaknya sedang menyelesaikan vaksinasi tahap II bagi tenaga kependidikan, harapannya akhir Juli bisa selesai.”Setelah tenaga kependidikan vaksin dosis II baru kami fokus kepada masyarakat yang masuk dalam kategori rentan,” pungkas Bambang.

Di bagian lain, Polres Tanggamus bekerjasama dengan dinas kesehatan (Diskes) Satpol PP dan BPBD melaksanakan vaksinasi dosis kedua secara keliling menggunakan mobil dinas Polri, vaksinasi keliling ini dimulai sejak Rabu lalu (21/7) sebagai upaya percepatan Herd Immunity masyarakat.

Kasubag Humas Polres Tanggamus Iptu Muhammad Yusuf mengatakan dalam vaksinasi dosis kedua, Polres mendapat alokasi vaksin sebanyak 200 vial yang dibagikan ke gerai vaksin Polsek Pematang Sawa 10 vial, Polsek Semaka 10 vial, Polsek Wonosobo 20 vial, Polsek Kota Agung 30 vial, Polsek Talang Padang 30 vial.

Lalu, Polsek Sumberejo 10 vial, Polsek Pulau Panggung 30 vial, Polsek Pugung 20 vial, Polsek Limau 30 vial dan Polsek Cukuh Balak 10 vial.

“Vaksinasi keliling tahap pertama untuk dosis kedua sasaran di Pekon Kampung Baru Kecamatan Kotaagung Timur, kedepannya akan dilaksanakan di titik yang jauh dari jangkauan gerai vaksin,” ujar M. Yusuf di sela kegiatan.

Menurutnya, selain melaksanakan vaksinasi keliling, Polres Tanggamus tetap melaksanakan gerai vaksinasi presisi baik di Polres Tanggamus maupun wilayah Polsek jajaran.

Atas vaksinasi keliling tersebut, Kasubbag Humas berharap dapat menjangkau vaksinasi seluruh masyarakat di Kabupaten Tanggamus.

“Dengan vaksinasi keliling tentunya, dapat menjangkau lapisan masyarakat,” pungkas M.Yusuf.(ehl/rnn/mlo)


Pos terkait