Pemkab-Unila Lakukan Survei Kepuasan Masyarakat

  • Whatsapp
Tampak Masyarakat Mengisi Kuisioner Yang Dibagikan Oleh Tim Unila

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar dalam hal ini Bagian Organisasi bekerjasama dengan Pusat Studi Hukum dan Pembangunan Universitas Lampung (Unila) melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan publik pemerintah daerah, Senin-Kamis (7-10/10)         .

Kabag Organisasi Sekretariat Pemkab Lambar, Pirwan Bachtiar, S.E, M.M., mengatakan, tim dari Unila yang berjumlah lima orang melakukan survei di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi ujung tombak pelayanan masyarakat, seperti RSUD Alimuddin Umar, Dinas Penanaman Modal PTSP dan Ketenaga Kerjaan, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Bacaan Lainnya



”Survei ini penting untuk dilaksanakan, karena akan menjadi acuan dari pemerintah daerah  dalam memperbaiki pelayanan terhadap masyarakat. Karena tim ini melakukan tanya jawab langsung kepada masyarakat yang datang di OPD yang memberikan pelayanan, sehingga ketika nantinya memang ada keluhan atau ada harapan yang disampaikan masyarakat kepada mereka maka tentunya itu akan ditampung dan akan menjadi pertimbangan pemerintah daerah dalam memperbaiki pelayanan,” ungkap Pirwan.

Dijelaskannya, survey yang dilakukan dengan cara memberikan kuisioner kepada masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan seperti di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Rumah Sakit, Dinas Penanaman Modal PTSP dan Naker, dan Dinas  Perhubungan. “Selain kepada masyarakat, kuisioner juga disebar kepada anggota kepolisian dan TNI di Kabupaten Lambar. Jadi kuisioner yang dibagikan di isi dan diserahkan kepada tim survei,” imbuhnya.

Lanjut dia, sejauh ini untuk indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan berada di C (cukup baik), namun tentunya itu perlu terus ditingkatkan sehingga masyarakat bisa merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. ”Nanti akan kelihatan, apakah pelayanan kepada masyarakat sudah benar-benar maksimal atau perlu di tingkat, dan kalau nantinya memang ternyata perlu ditingkatkan maka tentunya sudah menjadi  kewajiban pemerintah daerah untuk meningkatkannya, dan Alhamdulillah untuk hasil survei sebelumnya kita C, dan kedepannya tentu harapan kami akan lebih meningkat,” ujarnya.

Masih kata Pirwan, berbagai program digulirkan pemerintah daerah dalam rangka peningkatan pelayanan, seperti di RSUD Alimuddin Umar, salah satunya melalui makanan gratis kepada satu orang keluarga pasien, kemudian program-program kemudahaan dalam mengurus perizinan di Dinas Penanaman Modal PTSP dan Naker, belum lagi kemudahan pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan fasilitas kesehatan yang terus ditingkatkan diharapkan akan berdampak terhadap meningkatnya kepuasan masyarakat.

”Pemerintah daerah sudah berupaya maksimal dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui berbagai program yang digulirkan, namun tentunya kembali lagi ke masyarakat. Jika ada masukan-masukan untuk peningkatan pelayanan maka tentunya itu akan di tampung dan akan dipertimbangkan,” pungkasnya.

Seraya menambahkan, adapun tim dari Unila yang melakukan survei kepuasan masyarakat di Kabupaten Lambar, yaitu Rudy, S.H, LL.M, LL.D (ketua tim) dengan jabatan Dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung/Ahli Hukum Pelayanan Publik, M. Iwan Satriawan, S.H, M.H  (anggota tim) dengan jabatan Dosen Fakultas Hukum Unila/Ahli Hukum Administrasi, Siti Khoiriah, S.H.I, M.M (anggota tim) dengan jabatan dosen Fakultas Hukum Unila/Ahli Hukum Pemerintahan Daerah. Kemudian, Yeni Yuniarsih  (tenaga pendukung) dengan jabatan Asisten Peneliti di Pushiban FH Unila, dan Rika Septiana (tenaga pendukung) dengan jabatan Asisten Peneliti di Pushiban FH Unila.(lus/mlo)



Pos terkait