Pemkab Waykanan Bagikan APD Untuk Tenaga Medis

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Walaupun hingga kini di Kabupaten Waykanan belum ada masyarakat yang menjadi PDP (pasien dalam pengawasan) Covid-19, namun sebagai langkah antisipasi Pemkab Waykanan telah membagikan 46 set APD (Alat Pelindung Diri) lengkap pada 19 puskesmas yang ada di Waykanan.

“Alhamdulillah, hingga hari ini di Waykanan belum ada satupun pasien yang PDP dan itu kita harap jangan sampai ada, namun terdapat 27 orang  yang masuk ODP (Orang Dalam Pengawasan),” terang Setdakab Waykanan Hi. Saipul, S.Sos. M.IP, saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, Jumat (27/3).

Bacaan Lainnya



Lebih jauh, Hi. Saipul menerangkan pendistribusian APD untuk 19 puskesmas dan 1 Rumah Sakit Umum Daerah tersebut telah dilakukan sejak 25 maret yang lalu.

“Ada 182 APD lengkap, 136 APD kita bagikan ke 19 puskes, masing-masing dapat sekitar 6 set, dan sisanya untuk rumah sakit umum Zainal Abidin Pagar Alam Waykanan. Satu set APD itu harganya sekitar Rp. 2,5 juta sampai Rp. 3 juta lebih, tetapi peralatan ini masih bersifat pinjaman dan akan segera dihitung berapa biaya totalnya untuk dapat dimiliki secara permanen dengan kita beli sebagai bentuk salah satu keseriusan Pemkab Waykanan dalam menanggulangi Covid-19,” ujar Saipul.

Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat menghentikan kebiasaan berkumpul-kumpul dan bagi masyarakat pendatang untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas terdekat, membiasakan hidup sehat, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

“Kami juga telah melakukan penyemprotan desinfektan di tempatumum, seperti stasiun, masjid, termasuk dinas pelayanan untuk memutus rantai penyebaran virus corona  (covid-19), kalau ada tempat yang ingin disemprot tinggal melapor ke puskesmas untuk ditindak lanjuti,” imbuh Saipul.(wk1/mlo)



Pos terkait