Pemkot Bandarlampung Gelar Musrenbang, Susun RKPD Tahun 2022

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang berlangsung di Aula Gedung Semergou Pemkot setempat, Senin (29/3).

RKPD Kota Bandarlampung Tahun 2022 yang akan disusun merupakan penjabaran dari visi misi dan prioritas program pembangunan di berbagai bidang dengan tema “Pemulihan Ekonomi Melalui Pemantapan Infrastruktur Kota, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Perdagangan dan Jasa Serta Peningkatan Kualitas SDM”.

Bacaan Lainnya

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang membuka jalannya Musrenbang mengatakan prinsip dasar pembangunan Provinsi Lampung dan Kota Bandarlampung adalah rasa keterbukaan dan kebersamaan.

“Tidak ada yang lebih di antara kita karena ini adalah amanah. Program pembangunan tidak bisa dilakukan hanya wali kota, harus ada keterkaitan kita semua. pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan wali kota bersama jajarannya,” kata Arinal Djunaidi dalam sambutannya.

Gubernur menjelaskan program prioritas pembangunan provinsi adalah kebangkitan ekonomi, keamanan, dan transportasi.

“Insyaallah tahun depan kita akan memulai program membangun jalan infrastruktur serentak di seluruh kabupaten. Pengembangan infrastruktur untuk membangun pertumbuhan ekonomi,” ujar Arinal.

Sebagai salah satu daerah otonom di wilayah Provinsi Lampung, Pemkot Bandarlampung saat ini telah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025 yang tertuang dalam Perda Kota Bandarlampung No.10/2007. 

RPJPD 2005-2025 tersebut selanjutnya dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bandarlampung untuk kurun waktu 5 tahun sesuai periodisasi Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung terpilih.

Walikota Bandarlampung Eva Dwiana dalam sambutannya mengatakan Musrenbang merupakan simpul akumulasi kegiatan perencanaan yang telah dilaksanakan di tingkat kelurahan dan kecamatan se-Kota Bandarlampung.

“Tema Pembangunan Kota Bandarlampung Tahun 2022 bertitik tolak dari berbagai masalah, potensi, dan tantangan pembangunan Kota Bandarlampung, serta memperhatikan RPJPD 2005-2025, tema pembangunan nasional dan Provinsi Lampung,” terangnya.

Penyusunan RPJMD Kota Bandarlampung Tahun 2021-2025 merupakan Tahap IV atau terakhir dari RPJPD Kota Bandarlampung yang dari sebelumnya Tahap I yakni RPJMD Tahun 2005-2010, Tahap II yakni RPJMD Tahun 2010-2016 dan Tahap III yakni RPJMD Tahun 2016-2021. 

“Mudah-mudahan pembangunan di Kota Bandarlampung yang sudah baik menjadi lebih baik lagi,” ucap Walikota Eva Dwiana




Pos terkait