Pemkot Bandarlampung Mulai Operasionalkan 12 Ambulance Baru

  • Whatsapp

Mediaampung.co.id – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kota bandar lampung mulai hari ini Pemerintah Kota Bandarlampung mengoperasionalkan 12 mobil ambulance baru.

Walikota Bandarlampung Herman HN mengatakan, untuk ke 12 mobil ambulance tersebut akan disiagakan di Tugu Adipura untuk menggantikan armada yang lama.

Bacaan Lainnya



“Untuk ke 12 mobil ambulance yang baru itu gratis juga bagi masyarakat Bandarlampung, sedangkan untuk yang sudah lama akan dialihkan ke puskesmas-puskesmas guna menunjang kinerja petugas dalam melayani kesehatan warga,” tutur Herman HN, kamis (16/7).

“Mobil ini sudah lebih lengkap dari yang lama, seperti dua tabung gas oksigen, lemari etalase, tempat cuci tangan, refrigerator (kotak pendingin). Dan mulai hari ini sudah bisa beroperasi,” ucapnya. 

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli, menjelaskan, sampai saat ini secara keseluruhan Pemkot Bandarlampung sudah memiliki 92 unit ambulance.

“Kita kan sebelumnya hanya punya 80 armada ambulance, setelah ditambah 12 unit menjadi 92 unit yang masing-masing kita tempatkan puskesmas dan juga ada yang disiagakan di Tugu Adipura,” kata Edwin.

Dia juga menjelaskan bahwa ke-12 unit ambulance baru tersebut dibeli melalui dana alokasi khusus (DAK). Dimana harga satu unit mobil tersebut sekitar Rp300 juta.

“Kita belinya pakai anggaran DAK bukan pakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), karena DAK khusus kesehatan tidak ada yang dikurangi pada pandemi COVID-19 ini,” tandasnya.(*/mlo)



Pos terkait