Pemprov akan Gelar Kejurnas Arung Jeram, Cara Efektif Promosikan Pariwisata Lampung 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Federasi Arung Jeram (FAJI) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mendapat mandat Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung untuk menggelar kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram.

Setelah melalui koordinasi dan kelayakan lokasi kejurnas Kabupaten Waykanan resmi terpilih menjadi tuan rumah Kejurnas Arung Jeram. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada tanggal 5 sampai 10 Desember mendatang yang akan melintasi jalur sungai Way Besai, yang berada di Kampung Bonglai, Kecamatan Banjit.

Bacaan Lainnya

Ketua Federasi Arung Jeram kabupaten Waykanan, Edwin Hendri saat dikonfirmasi membenarkan bahwa way kanan akan menjadi tuan rumah kejurnas Arung Jeram tahun 2021.

Edwin Hendri mengatakan sangat bersyukur dengan ditunjuknya kabupaten Waykanan menjadi tuan rumah Kejurnas.

“Karena selama pademi Covid-19 kegiatan kejurnas ini vakum, terakhir dilaksanakan di Provinsi Jambi pada tahun 2019,” ungkapnya. 

Di lain tempat Kepala Dinas Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Waykanan Taufik Hidayatno mengatakan Kejurnas Arung Jeram ini akan berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata Waykanan. 

“Selain sebagai ajang promosi tempat-tempat wisata yang ada di Waykanan, kejurnas ini juga akan berdampak positif untuk ekonomi warga sekitar karena para Kontingen akan bermalam di homestay rumah warga yang sudah disiapkan warga,” kata dia. 

Lanjutnya, Kejurnas Arung Jeram tersebut akan diikuti oleh atlet-atlet nasional dari tiap Provinsi untuk memperebutkan posisi terhormat dimana mereka akan bertanding membawa bendera provinsi masing-masing.

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk atlet-atlet Arung Jeram Waykanan khusus, umumnya Lampung untuk menunjukan kemampuan untuk berprestasi di tingkat kejuaraan Nasional,” terangnya. 

Sementara menurut Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung, Melly Ayunda, Kejurnas Arung Jeram tersebut sangat menarik. 

“Ini merupakan salah satu cara efektif untuk mempromosikan pariwisata. Karena Sport tourism bisa memperkenalkan serta mengangkat potensi destinasi suatu daerah yang mampu menghadirkan banyak wisatawan seperti atlet yang mengikuti kejuaran ini yang berasal dari beberapa provinsi,” katanya. 

Selain itu, saat ini tren mengenai sport tourism terus meningkat dan diminati masyarakat. Dan sport tourism di Lampung sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut.

“Apalagi, Sungai Way Besai mempunyai karakteristik yang sangat menarik. Mulai arus sungainya, kedalaman sungai serta jalur keloknya. Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung mensupport kegiatan ini karena diharapkan impact-nya sangat positif bagi daerah dan masyarakat sekitar,” terangnya. 

Ia juga mengatakan Kemenpora dan Kemenparekraf juga telah menandatangani nota kesepahaman terkait pengembangan industri pariwisata olahraga pada September 2020.

“Kedua instansi saling berkolaborasi untuk mewujudkan event olahraga di destinasi wisata yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Hal ini juga dapat dilaksanakan di tiap daerah, berkolaborasi,” pungkasnya. (ded/mlo)

Pos terkait