Pemprov Lampung Rencanakan Bangun Sentra UMKM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenda) Provinsi Lampung, Mulyadi Irsan mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berencana akan membangun sentra pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut dilakukan karena saat ini Provinsi Lampung belum memiliki tempat khusus yang digunakan sebagai sentra pemasaran produk UMKM.

Bacaan Lainnya

“Harus ada keberpihakan pemerintah daerah dalam mendukung struktur ekonomi melalui UMKM. Baik dari pemerintah pusat dan provinsi terus lakukan dukungan terhadap UMKM juga kabupaten/kota,” kata Mulyadi saat dimintai keterangan, Rabu (11/8).

Lanjutnya, UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terpukul dengan ada nya pandemi Covid-19. Untuk itu diperlukan upaya dan sinergi pemerintah baik tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota untuk membantu UMKM agar dapat kembali bangkit.

“Yang haru dilakukan yaitu koordinasi, agar lebih mengedepankan satu visi, Jadi kalau bersinergi antara pemerintah kota/kabupaten akan memberikan hasil yang baik,” harapnya.

Provinsi Lampung sendiri memiliki banyak kelebihan seperti sektor pariwisata serta kemudahan akses dengan adanya jalan tol yang memberikan kemudahan tersendiri dalam memasarkan produk UMKM.

“Artinya dari sinergitas ini dengan semua kabupaten/kota maka akan memberikan peran kepada semua UMKM. Jangan sampai hanya nonton. Apalagi Lampung ini sudah ada tol kemudian pariwisata juga bagus-bagus,” katanya.

Kemudian selain berencana membangun sentra UMKM, ia juga mengatakan jika Pemerintah Provinsi terus memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM agar meningkatkan produksi dan memasarkan produk secara online.

“Pemerintah juga memberikan dukungan dengan pelatihan. Namun untuk teknisnya seperti apa saja itu berada di Dinas Koperasi dan UMKM yang lebih paham,” pungkasnya (ded/mlo)


Pos terkait