Pemprov Lampung Salurkan 800 Paket Sembako B2SA di Kecamatan Sekincau

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menyalurkan bantuan sembako, kepada masyarakat terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lambar.

Penyerahan sebanyak 800 paket sembako yang akan disebar di Empat pekon Satu Kelurahan  tersebut, simbolis penyerahannya diterima Kadis Ketahanan Pangan Lambar Ruspan Anuar, didampingi Camat Sekincau Agus Setiawan, yang kemudian diserahkan kepada masing-masing peratin dan Lurah Sekincau di kantor kecamatan setempat, Kamis (18/5).

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya, Ruspan Anuar mendampingi Bupati Parosil Mabsus menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Lampung atas penyaluran bantuan sembako tersebut, karena tentunya bantuan yang disalurkan akan sangat berarti bagi masyarakat yang saat ini belum dapat beraktifitas seperti biasa sebagai upaya memutus penularan virus corona.

“Dengan disalurkan bantuan ini saya juga minta kepada pihak pekon dan kelurahan,  pembagiannya disalurkan kepada warga yang layak menerima, seperti yang belum pernah menerima bantuan-bantuan sebelumnya,” imbau pihaknya.

Sementara, Kepala Seksi Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Lokal Pemprov Lampung Syahruddin menjelaskan bantuan itu merupakan kegiatan pemprov, yang mana berdasarkan Tugas Pokok Dan Fungsi (Tupoksi) bantuan itu diserahkan ke Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten berupa sembako, yakni Bahan Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). 

Dalam teknisnya, lanjutnya, bantuan itu akan disalurkan untuk periode Lima bulan, terhitung Mei sampai dengan September 2020 ini. Akan tetapi jika dampak covid-19 selesai dalam Tiga bulan maka bantuan akan dihentikan.

“Tentunya kita berharap bantuan ini hanya tiga bulan artinya covid-19 ini cepat berlalu. Dan kita semua dapat beraktifitas normal,” harapannya. 

Dipertegasnya sesuai dengan kriteria sasaran lokasi, seperti desa (pekon) stunting, pekon rawan pangan dan pekon terkena dampak langsung covid. Dan di Kabupaten Lambar sesuai dengan arahan dinas kabupaten didistribusikan di Kecamatan Sekincau.

“Berdasarkan data untuk Kabupaten Lambar kecamatan atau pekon yang terkena dampak langsung covid-19, yakni Kecamatan Sekincau, berpengaruh pada perputaran ekonomi yang cenderung melemah, karena masyarakat kurang banyak beraktifitas,” tuturnya.

Camat Sekincau Agus Setiawan menambahkan, dari jumlah 800 paket tersebut dibagi rata di Empat pekon, yakni Pekon Pampangan, Giham, Waspada, Tigajaya dan Kelurahan Sekincau. 

“Masyarakat terdampak covid-19 penerima bantuan ini diprioritaskan untuk warga atau kepala keluarga yang sama sekali belum menerima bantuan, baik PKH, BLNT, BLT Dinsos, maupun BLT DD, atau bentuk bantuan langsung lainnya,” jelasnya. (rin/mlo)



Pos terkait