Pemprov Lampung Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Saat ini Lingkungan perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah menerapkan aplikasi PeduliLindungi. 

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Ganjar Jationo saat dimintai keterangan Minggu (17/10).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan penerapan pemasangan barcode aplikasi PeduliLindungi di pintu masuk perkantoran lingkungan Pemprov Lampung guna melindungi dari wabah covid. 

“Sudah terpasang di depan kantor Bappeda, Diskominfotik Provinsi Lampung, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan juga Kantor Gubernur Lampung, ” katanya saat dimintai keterangan.

Adapun pemasangan alat PeduliLindungi tersebut sesuai arahan dari pimpinan.

Sehingga bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) atau tamu diminta untuk melakukan scan barcode tersebut aplikasi tersebut.

“Memang belum seluruh OPD menerapkan aplikasi tersebut, Tapi harapannya kedepan akan diterapkan aplikasi tersebut,” terangnya.

Lanjutnya, Pengajuan ditujukan kepada Kemenkes, sehingga belum bisa diterapkan di seluruh dinas.

Kemudian adapun manfaat melakukan aplikasi ini para petugas Dinas Kesehatan dapat mengatur kepadatan pengunjung dan aplikasi ini juga digunakan untuk pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan seperti kartu Vaksinasi Covid-19.

“Sehingga pengunjung tidak perlu berdesakkan ketika melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen,” jelasnya.

Dengan demikian protokol kesehatan terjaga dan diimplementasikan secara baik. Aplikasi ini terintegrasi data hasil tes pemeriksaan Covid-19 dan data vaksinasi nasional. 

“Apabila seseorang menjalani tes Covid-19 dengan hasil positif, maka aplikasi ini akan secara otomatis memberikan notifikasi kepada orang yang selama 14 hari terakhir teridentifikasi. Dengan harapan pemasangan aplikasi PeduliLindungi bisa memberikan perlindungan kepada masyarakat,” pungkasnya. (ded/mlo)

Pos terkait