Pemudik Menuju Pelabuhan Merak Nihil

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pengetatan pemudik yang berangkat dari pelabuhan Bakauheni menuju Merak, tampaknya berangsur baik. Ini terlihat, tidak ada satupun pemudik pejalan kaki yang menyeberang dari pulau Sumatera menuju pulau Jawa.

Berbeda dengan penumpang yang berangkat dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni, masih ada 21 penumpang pejalan kaki yang menyeberang dari pulau Jawa menuju Sumatera.

Bacaan Lainnya


Berdasarkan data yang diterima medialampung.co.id, jumlah penumpang yang berangkat dari pelabuhan Bakauheni menuju Merak berjumlah 1.191 orang. Jumlah itu, hanya penumpang yang berada di dalam kendaraan. Sedangkan penumpang pejalan kaki tidak ada satupun yang menyeberang.

Berbeda dengan penumpang yang menyeberang dari pelabuhan merak menuju Bakauheni, jumlah penumpang yang menyeberang sebanyak 3.413 orang, terdiri dari Pejalan kaki (21) dan berada dalam kendaraan (3.392).

“Kalau di pelabuhan Bakauheni, memang kami tidak menerima satupun penumpang pejalan kaki. Bahkan, angkutan Bus juga tidak kami terima sampai tanggal 17 Mei 2021,” ungkap Humas ASDP Bakauheni Lamsel, Saifullah Harahap, Jumat (7/5).

Selain jumlah penumpang, sambung Saiful, total kendaraan yang menyeberang dari pelabuhan Bakauheni menuju merak ada 972 Unit, terdiri dari Roda dua (3), Roda Empat (141), Bus (0) dan Truk (828). 

“Kalau dibandingkan dengan kendaraan yang menyeberang dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni, jumlah kendaraan kita lebih sedikit, karena total kendaraan yang menyeberang dari pulau Jawa menuju Sumatera berjumlah 1.655 unit,” katanya.

Menurutnya, dari total 1.655 unit itu, kendaraan yang menyeberang dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni terdiri dari Roda dua sebanyak 10 Unit, Roda empat (232), Bus (1) dan truk (1.412).

“Kami akan terus berupaya memaksimalkan instruksi dari presiden. Kalaupun ada yang menyeberang, penumpang itu sudah benar-benar melalui screening dan cek point melalui pos-pos yang sudah ditetapkan,” pungkasnya. (yud/mlo)




Pos terkait