Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Sukau Hasil Tracing Dari Pasien Meninggal Dunia

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Lima dari sembilan orang yang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 pada Minggu (24/1). Merupakan hasil dari tracing dari Tn. PA warga Pekon Buaynyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat yang telah meninggal dunia pada Jumat (15/1/) lalu.

Kepala UPT Puskesmas Buaynyerupa Sardi, S.K.M, mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan Swab terhadap 13 orang warga yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif  Covid-19 Tn. PA.

Bacaan Lainnya


“Jadi lima dari sembilan orang yang positif ini, adalah mereka yang pernah kontak dengan almarhum Tn. PA. Tapi warga jangan panik, karena sejak di Swab mereka memang sudah menjalani isolasi mandiri,” kata Sardi Minggu (24/1).

Diulasnya kembali, terkait meninggalnya Tn. PA usai terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya almarhum pergi berobat ke Rumah Sakit  Umum  Daerah  Abdoel Moeloek (RSUDAM) Kota Bandarlampung dengan keluhan menderita stroke.

“Almarhum ini sebelumnya sempat dirawat di RSUDAM karena stroke, kemudian oleh petugas dilakukan swab dan hasilnya positif  Covid-19, dan tidak lama pasien tersebut meninggal dunia. Untuk kronologis secara detailnya kami kurang paham, karena pasien ini berangkat sendiri ke RSUDAM, imbuhnya.

Sementara itu, terkait empat orang lainnya yang juga dinyatakan positif, sejauh ini pihak masih terus melakukan tracing, dan belum dapat memastikan asal klaster pasien.

“Kami masih terus melakukan tracing, karena keempat orang itu tidak terlacak asal klaster mana, tapi salah satu diantaranya ada yang hendak berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) dan setelah di swab hasilnya positif,” imbuhnya.

Dengan bertambahnya kasus positif Covid-19 di kecamatan itu, pihaknya mengimbau masyarakat  untuk tidak panik namun tetap waspada serta mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan ditengah aktivitas sehari-hari.

“Kita harus bersatu melawan wabah ini, caranya tidak lain adalah dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Jangan anggap remeh karena nyatanya virus ini ada dan masih ada di sekitar lingkungan kita,” pesannya.(edi/mlo)


Pos terkait