Penampakan Air Terjun Guntuk Pekon Simpangsari, Menakjubkan!

Medialampung.co.id – Pekon Simpangsari, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) ternyata memiliki potensi wisata yang menarik, yakni wisata alam air terjun Guntuk, yang berada di Pemangku Guntuk.

Bahkan karena menariknya wisata alam yang masuk dalam kawasan Hutan Lindung (HL) tersebut Tahun 2021 telah dibangun beberapa fasilitas oleh Dinas Kehutanan (Dishut) Lampung bantuan dari Kementerian Kehutanan (Kemenhut). 

Bacaan Lainnya


Peratin Simpangsari Harun Sohar menyebutkan, lokasi air terjun tersebut memang berada di pemangku paling ujung Pekon Simpangsari berbatasan dengan wilayah Kabupaten Waykanan. 

Namun, untuk menuju lokasi bukan hal yang sulit, karena dari jalan yang dapat dijangkau mobil hanya butuh perjalanan sekitar 15 menit atau berjarak 500 meter yang dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua. 

Dijelaskannya fasilitas yang sudah ada saat ini yang dibangun Kemenhut, tempat istirahat Gazebo dan Ruang Mandi Cuci Kakus (MCK) beton 

“Karena jarak perjalanan setengah kilometer (KM) kedepannya untuk mendukung wisata itu kami akan bangun minimal dua pos di jalan. Ketika pengunjung lelah dapat beristirahat,” terang pihaknya. 

Lanjut Harun kunjungan wisatawan ke Pemangku Guntuk bukan hanya dapat menikmati indahnya air terjun, namun juga bisa mencicipi dan membawa pulang Madu Lancang dikembangkan kelompok tani setempat yang modalnya juga dari Kemenhut. 

Potensi wisata lain yang ada di Pekon Simpangsari ada juga embung seluas 1,5 Ha. Menariknya kolam tersebut tidak jauh dari ruas jalan nasional hanya berjarak 300 meter dan kondisi jalannya sudah dicor. 

“Embung ini juga nantinya akan kita bangkitkan menjadi lahan yang mampu menghasilkan Pendapatan Asli Pekon,” tegas Harun.(r1n/mlo)


Pos terkait