Penandatanganan NPHD Ditarget Rampung di Oktober 2019

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada serentak di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) tahun 2020 mendatang, ditargetkan paling lambat rampung 1 Oktober 2019 mendatang.

Ketua KPU Pesbar, Yulyanto, mengatakan sejak Senin (2/9) kemarin, anggaran Pilkada telah dibahas bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Pesbar.

Bacaan Lainnya



“Kita targetkan paling lambat 1 Oktober nanti sudah dilakukan penandatanganan NPHD,” katanya, Mingu (8/9) kemarin.

Dikatakannya, sesuai PKPU No.15/2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020, Pilkada serentak tahun 2020 mendatang dilaksanakan pada 23 September 2020.

“Sehingga dalam pembahasan anggaran itu diharapkan secepatnya selesai, mengingat setelah pelaksanaan NPHD itu KPU Pesbar akan melakukan berbagai tahapan Pilkada,” ujarnya.

Dikatakannya, berdasarkan hasil rapat koordinasi yang diadakan oleh KPU RI sebelumnya, usulan anggaran Pilkada Pesbar mengalami perubahan menjadi Rp28 milyar dari usulan sebelumnya Rp20 milyar lebih. Hal itu karena ada perubahan pada item honor penyelenggara adhock dan item kegiatan lainnya.

“Mudah-mudahan hasil pembahasan nanti bisa disetujui oleh Pemkab Pesbar sesuai yang kami usulkan, karena usulan itu sudah melalui tahapan pembahasan secara mendalam,” jelasnya.

Hal senada disampaikan, ketua Bawaslu Pesbar, Irwansyah, mengatakan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 mendatang, terutama anggaran di Bawaslu Pesbar menargetkan sama dengan KPU Pesbar yakni pada 1 Oktober 2019 telah dilakukan penandatangan NPHD.

“Anggaran yang diusulkan ke Pemkab untuk Bawaslu itu sekitar Rp16 milyar lebih. Sampai saat ini masih dibahas bersama TAPD,” kata Irwansyah.

Sementara itu, kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., mengatakan semua rencana anggaran yang bersumber dari APBD Pesbar untuk penyelenggaraan Pilkada serentak di Kabupaten Pesbar tahun 2020, masih dalam pembahasan.

“Mudah-mudahan secepatnya bisa selesai, karena paling lambat 1 Oktober 2019 nanti sudah dilakukan penandatanganan NPHD bersama penyelenggara Pilkada,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait