Penanganan Belum Maksimal, Longsor Masih Ancam Badan Jalan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Camat Balikbukit Edi Jaya Saputra, S.STP, M.Si, beserta jajaran melakukan peninjauan bencana longsor yang terjadi di Lingkungan Jatimulyo, Kelurahan Pasarliwa, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat, Selasa (29/6).

Peninjauan dilakukan menyusul adanya laporan masyarakat bahwa akses jalan di lingkungan itu terancam putus akibat longsor. Meski sebelumnya ada penanganan oleh Pemkab Lambar melalui BPBD, namun upaya itu dinilai belum maksimal.

Bacaan Lainnya

Camat Balikbukit Edi Jaya saputra menuturkan bahwa berdasarkan hasil peninjauan, longsor tersebut memang kembali mengancam putusnya badan jalan di lingkungan setempat, untuk itu pihaknya telah meminta pemerintah kelurahan agar segera menyampaikan usulan perbaikan ke BPBD Lambar.

“Sebelumnya memang sudah ditangani oleh BPBD, tapi dilihat dari kondisi yang saat ini upaya itu belum maksimal sehingga masih berpotensi mengakibatkan longsor susulan dan mengancam terputusnya badan jalan,” terangnya.

Selain menyampaikan usulan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak BPBD dengan harapan ada upaya penanganan kedaruratan untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah.

“Harapannya bisa segera ditindaklanjuti, mengingat akses jalan merupakan sarana vital bagi masyarakat, jika sampai putus maka mobilitas masyarakat terhambat,” imbuhnya.

Seperti diketahui, longsor yang terjadi sejak sekitar 10 tahun lalu itu telah beberapa kali dikeluhkan oleh masyarakat setempat, bahkan akibat bencana itu setidaknya terdapat lima rumah warga yang terpaksa dibongkar secara mandiri dan pindah ketempat lain lantaran tanah bangunan tergerus longsor.(edi)


Pos terkait