Pencairan BSU Rp1,8 Juta, Guru Madrasah Non PNS Silakan Cek Notifikasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pusat melalui Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, memastikan notifikasi pencairan Bantuan Subsidi Umum (BSU) sebesar Rp1,8 juta bagi guru madrasah non Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah dapat dicek.

Kasi Pendidikan Islam, Drs. Nursaad, M.M., mendampingi kepala kantor Kemenag Kabupaten Pesbar, Hi. Yulizar Andri, S.T, M.Ag., mengatakan belum lama ini pihaknya telah mendapat informasi mengenai BSU bagi guru madrasah non PNS itu sudah dapat dicek. Karena itu, para penerima BSU guru madrasah non PNS dapat melakukan pengecekan notifikasi dengan login melalui akun Simpatika masing-masing.

Bacaan Lainnya

“Kita mengimbau para guru madrasah non PNS di Kabupaten Pesbar ini bisa mengeceknya. Selain itu, notifikasi pencairan BSU juga sudah di Simpatika, dan bisa diakses melalui laman https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah,” katanya, Senin (21/12).

Sedangkan, jika penerima bantuan telah mendapat pemberitahuan atau notifikasi, maka guru madrasah non PNS itu harus melengkapi beberapa berkas persyaratan untuk pencairan. Antaralain, guru mencetak surat keterangan penerima BSU guru madrasah bukan PNS 2020 yang tertera di Simpatika.

Kemudian, guru juga mencetak Surat Pernyataan dan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang tertera di Simpatika, lalu menandatanganinya di atas materai.

“Selanjutnya, guru mencetak surat kuasa blokir debet dan tutup rekening yang tertera di Simpatika, lalu menandatanganinya tanpa materai, dan kelengkapan berkas lainnya,” jelasnya.

Dijelaskannya, setelah proses selesai, maka guru bisa mendatangi kantor Bank yang ditunjuk seperti BRI dengan membawa KTP, NPWP (jika sudah memiliki) dan surat keterangan penerima BSU, serta perlengkapan lainnya.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada guru madrasah yang telah mendapat notifikasi itu secepatnya mengecek dan melengkapi berkas pencairan.

Menurut dia, Kemenag Pesbar hingga kini masih menunggu jumlah data penerima BSU guru madrasah non PNS di Kabupaten Pesbar ini. Karena untuk jumlah guru madrasah non PNS penerima BSU itu semuanya ada di Kemenag RI.

Selain itu, terkait dengan notifikasi BSU itu hanya bisa diketahui oleh masing-masing guru madrasah non PNS. Secara keseluruhan jumlah guru madrasah non PNS di Pesbar sebanyak 325 guru, terdapat 297 guru diantaranya telah sertifikasi.

“Sementara itu untuk jumlah BSU itu diberikan tiga bulan dengan rincian Rp600.000/bulan dan diberikan sekaligus sehingga totalnya Rp1,8 juta untuk setiap guru penerima,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait