Pencapaian KB Tubektomi di Lambar Tertinggi di Lampung

  • Whatsapp
Kepala DP2KBP2PA Lambar Muhammad Henry Faisal, SH, MH.

Medialampung.co.id – Pelayanan KB tubektomi atau Metode Operasi Wanita (MOW) di Kabupaten Lampung Barat over target. Dari sepuluh orang yang ditargetkan pada tahun 2020 ini, per 31 November lalu telah tercapai 30 orang atau 300 % dari target yang ditetapkan, dan menjadi daerah dengan pencapaian tertinggi dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung .

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Lambar Muhammad Henry Faisal, SH, MH., mengatakan, MOW merupakan pelayanan KB yang cukup sulit dimana peminatnya sangat minim, namun melalui penyuluhan penyuluhan yang dilakukan pihaknya dan jajaran target tercapai 300 %.

”Dengan pencapaian 300 % menempatkan Lambar sebagai daerah dengan pencapaian KB MOW tertinggi di Provinsi Lampung dan Insya Allah dalam waktu dekat akan menerima penghargaan dari BKKBN Provinsi Lampung,” ungkap Henry ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/12).

Dijelaskan, KB MOW atau yang dikenal dengan istilah medis tubektomi merupakan jenis KB steril atau metode kontrasepsi permanen. Prosedurnya dilakukan dengan mengikat tuba falopi atau saluran sel telur sehingga sel telur tidak lagi dapat bertemu dengan sperma dan melakukan pembuahan.

”Tingkat keberhasilan jenis KB steril terbilang tinggi karena peluang kehamilan sangat kecil. Umumnya KB steril dipilih oleh pasangan yang memutuskan untuk tidak memiliki keturunan lagi ataupun Ibu yang memiliki kondisi medis tertentu dimana dapat sangat berisiko jika hamil kembali,” ungkapnya.

Kelebihan KB steril tersebut antara lain, tidak memberikan efek samping seperti KB hormonal, kemungkinan komplikasi pada prosedur tindakan relatif kecil diantaranya adalah pendarahan atau infeksi, tidak mengganggu siklus haid, dan tidak membutuhkan bantuan alat kontrasepsi lain.

”Tetapi KB tubektomi ini masih menjadi pelayanan KB tersulit, namun Alhamdulillah dengan upaya penyuluhan yang kami lakukan bersama jajaran mampu meyakinkan masyarakat, ini dibuktikan dengan tingginya pencapaian,” pungkasnya. (nop/mlo)

Pos terkait